nusabali

Akses Seririt-Banyuatis Longsor

  • www.nusabali.com-akses-seririt-banyuatis-longsor

Hujan deras memicu longsor senderan dan sebagian badan jalan sebelum pertigaan menuju Desa Besta dan Desa Banyuatis.

SINGARAJA, NusaBali
Hampir setengah badan jalan di jalan raya jurusan Seririt - Banyuatis, tepatnya di wilayah Desa Mayong, Kecamatan Seririt, Buleleng, longsor pada Minggu (27/3) sekitar pukul 15.00 Wita.

Jebolnya senderan dan sebagian badan jalan sebelum pertigaan menuju Desa Besta dan Desa Banyuatis ini, karena hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut.

Dalam bencana ini, tebing senderan jalan setinggi sekitar 15 meter di sisi timur jalan mendadak longsor. Sehingga kendaraan harus melintas dengan sistem buka tutup. Beruntung, tidak ada korban jiwa maupun terluka dalam bencana ini. Karena saat longsor terjadi, kondisi jalan tengah sepi pengendara melintas.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buleleng, Putu Ariadi Pribadi menyampaikan, pihaknya telah menerima laporan badan jalan di jalan raya Desa Mayong longsor. Pihak BPBD telah mengerahkan personel Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk melakukan penanganan awal bencana.

"Curah hujan yang begitu tinggi mengakibatkan setengah badan jalan dengan panjang sekitar 25 meter dan tinggi senderan sekitar 15 meter amblas ke bawah. Lokasi longsor tepatnya di jalan provinsi, di sebelah kanan jalan sebelum pertigaan menuju Desa Bestala dan Desa Banyuatis," beber Ariadi Pribadi.

Ariadi Pribadi menyampaikan, untuk saat ini petugas sudah memasang lampu yanda peringatan di sebelah lokasi longsor agar pengendara jalan lebih berhati-hati saat melintas. "Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Bali untuk kejadian tersebut untuk tindak lanjut penanganan darurat dan permanen," katanya.*mz

Komentar