nusabali

217.300 Diperebutkan 51 Cakel

Foto Cakel Belum Disetor, Cetak Surat Suara Molor

  • www.nusabali.com-217300-diperebutkan-51-cakel

Tidak etis disebutkan, yang penting kita upayakan koordinasi dengan panitia Pilkel

AMLAPURA, NusaBali

Gara-gara panitia pemilihan Calon Perbekel (cakel) belum setorkan foto, 51 Pilkel (pemilihan perbekel) terancam molor cetak surat suara. Ketua Panitia Pilkel yang juga Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Karangasem, I Made Sugiartha, dihubungi NusaBali, di Amlapura, Minggu (27/3) mengaku hingga saat ini tidak bisa mencetak surat suara untuk keperluan Pilkel. Sebanyak 217.300 suara pemilih akan diperebutkan dalam 51 cakel yang akan digelar di 51 desa pada 21 Mei 202 mendatang.

Menurut Sugiartha, dari 51 desa yang akan menggelar Pilkel, baru 75 persen (38 desa) yang menyetorkan foto Cakel. Sementara sisanya belum menyetorkan foto-foto dengan berbagai alasan. “Sehingga kami belum bisa melakukan proses cetak surat suara. Rencananya kami mau cetak surat suara secara serentak untuk 51 Pilkel,” ujar Sugiartha.

Ditegaskan Sugiartha, untuk pelaksanaan Pilkel sebenarnya sudah memasuki masa kampanye. Sementara pencoblosan serentak di 51 desa akan dilaksanakan pada 21 Mei 2022 mendatang. “Sebenarnya sudah memasuki masa kampanye. Kami akan kembali berkoordinasi dengan Panitia Pilkel tingkat desa, agar foto Cakel yang disepakati disetorkan secepatnya, untuk dicetak dalam surat suara. Pencetakan surat suara masih ada waktu, optimis tidak terlambat,” tambah mantan Camat Bebandem, tersebut.

Saat ditanya panitia Pilkel mana saja belum menyerahkan foto cakel?  Sugiartha mengaku tidak etis menyebutkan nama. Namun menurut dia, yang terpenting terus diupayakan melalui koordinasi yang gencar. “Tidak etis disebutkan, yang penting kita upayakan koordinasi dengan panitia Pilkel,” ujar Sugiartha.

Rencananya, kata Sugiartha pihak panitia mencetak surat suara sesuai daftar pemilih tetap (DPT), yakni sebanyak 217.300 surat suara, ditambah surat suara cadangan 2,5 persen (5.432 surat suara). Sehingga totalnya menjadi 222.732 surat suara, yang akan dialokasikan di 623 TPS (tempat pemungutan suara). Melihat dari DPT, berarti 51 Cakel akan memperebutkan 217.300 suara.

Sebanyak 51 desa yang menggelar Pilkel tersebar di 8 kecamatan, yakni Kecamatan Abang sebanyak 11 desa, Kecamatan Manggis sebanyak 10 desa, Kecamatan Sidemen sebanyak 9 desa, Kecamatan Karangasem sebanyak 7 desa, Kecamatan Kubu sebanyak 6 desa, Kecamatan Selat sebanyak 4 desa, Kecamatan Bebandem sebanyak 3 desa, Kecamatan Rendang sebanyak 1 desa. *k16

Komentar