nusabali

Kalahkan NTT di Final, Bali B Juara Piala Bola Pantai

Sepakbola Pantai Mulai Berkembang di Luar Bali

  • www.nusabali.com-kalahkan-ntt-di-final-bali-b-juara-piala-bola-pantai

MANGUPURA, NusaBali.com - PSSI sukses menggelar ajang kompetisi sepakbola pantai bertajuk Piala Bola Pantai di Pantai Legian, Kuta, Badung, 20-24 Maret 2022.

Empat tim dari 3 Asprov PSSI mengikuti ajang sepakbola pantai pertama setelah sempat vakum sekitar empat tahun, yaitu Bali A, Bali B, NTT, dan DIY. 

Di final Bali B menggasak NTT dengan skor telak 6-2, sementara Bali A finish di posisi ketiga di atas DIY.  

General Coordinator Piala Bola Pantai, Gede Anom Made Prenatha, mengatakan kompetisi ini menjadi langkah awal untuk memajukan sepakbola pantai di Indonesia. 

"Di tahun-tahun mendatang mudah-mudahan lebih banyak lagi peserta yang tampil," ujar Prenatha, kepada NusaBali.com seusai penyerahan hadiah kepada para juara. 

Ia menjelaskan, secara keseluruhan kompetisi sudah dimulai sejak akhir tahun 2021, dengan diadakan kompetisi di masing-masing Asprov untuk menentukan siapa yang berhak tampil pada putaran final di Pantai Legian.

Khusus untuk Bali sebagai pusat perkembangan sepakbola pantai di tanah air, ujarnya, mengirimkan dua wakilnya, Bali A (Perst Tabanan) dan Bali B (Bali All Star).

"Ada lima tim yang ikut (seleksi), dan kelimanya sebenarnya berhak tampil secara nasional, tapi yang menyatakan sanggup hanya dua tim," ungkap Prenatha.

Dengan digelarnya ajang sepakbola pantai diharapkan masyarakat lebih mengenal olahraga ini selain sepakbola lapangan maupun dalam ruangan (futsal). 

Bali dikatakan tempat yang paling banyak peminatnya untuk olahraga sepakbola pantai. 
"Pemain Timnas yang sebelum-sebelumnya adalah kebanyakan pemain Bali," kata Prenatha. 

Namun di masa mendatang daerah lain di Indonesia diharapkan tertular dengan olahraga yang dimainkan oleh lima pemain dalam sebuah tim.

Perwakilan Panitia Pelaksana PB PSSI, Muhammad Reza, menambahkan Piala Bola Pantai sejalan dengan misi FIFA untuk lebih mempopulerkan olahraga sepakbola pantai di seluruh dunia.

Selain itu, bagi Indonesia ajang ini digunakan untuk mencari bibit-bibit baru pemain Timnas yang akan disiapkan untuk berlaga pada turnamen Piala AFF 2022 di Thailand pada bulan September nanti.

"Ini sekaligus ajang untuk mencari bibit pemain untuk dibawa ke Thailand," ujar Reza  

Ia juga menyampaikan, sepakbola pantai mulai dikenal di beberapa daerah lain selain di Bali, terbukti dengan keikutsertaan DIY dan NTT pada gelaran kali ini.

"Antusiasme sudah mulai berkembang dari Bali," pungkasnya. 

Komentar