nusabali

Bangli Dapat Bantuan 73 Unit Rumah Swadaya Pra Sejahtera

  • www.nusabali.com-bangli-dapat-bantuan-73-unit-rumah-swadaya-pra-sejahtera

BANGLI, NusaBali
Bantuan stimulus penyediaan rumah swadaya pra sejahtera segera terlaksana. Bantuan diberikan kepada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) menyasar 73 kepala keluarga.

Besaran bantuan stimulus Rp 35 juta per satu unit rumah. Tahun ini pemerintah pusat gelontorkan anggaran Rp 1.460.000.000 untuk program rumah swadaya pra sejahtera.

Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Penyediaan Rumah Swadaya pada Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPR Perkim) Bangli, Komang Arsana mengatakan, bantuan ini menyasar MBR sebanyak 73 unit rumah. Program ini bertujuan agar masyarakat berpenghasilan rendah memiliki rumah layak huni. Anggaran untuk satu unit rumah Rp 35 juta. "Program ini memanfaatkan Dana Alokasi Khusus (DAK)," ungkap Komang Arsana, Senin (21/3).

Komang Arsana menjelaskan, penerima program ini berdasarkan data terpadu kesejahteraan sosoial (DTKS) dari Kementerian Sosial. Dalam program ini dituntut kesiapan penerima untuk berswadaya. Dari anggaran Rp 35 juta pemanfaatannya yakni Rp 30 juta untuk material dan Rp 5 juta untuk ongkos. Pengambilan pekerjaan secara swadaya. Dinas PUPR Perkim telah melakukan sosialiasi ke desa- desa penerima bantuan stimulus penyediaan rumah swadaya. Desa penerima bantuan yakni Desa Abuan Kecamatan Susut 15 unit, Desa Demulih Kecamatan Susut 15 unit, Desa Sulahan Kecamatan Susut 23 unit, dan Desa Awan Kecamatan Kintamani 20 unit. *esa

Komentar