nusabali

Spesifikasi Minimum yang Wajib Dipenuhi agar Kompatibel dengan Windows 10

  • www.nusabali.com-spesifikasi-minimum-yang-wajib-dipenuhi-agar-kompatibel-dengan-windows-10

DENPASAR, NusaBali.com - Sistem operasi Windows 10 telah dirilis, namun sayangnya tidak semua personal computer (PC) dapat menjalankannya. Butuh spesifikasi tertentu agar PC kalian dapat menjalankan Windows11.

Untuk itu, perhatikan baik-baik spesifikasi minimum Windows10 yang harus dipenuhi PC kalian di bawah ini.

1. RAM
Untuk menjalankan Windows 10 maka diperlukan RAM dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Ukuran yang direkomendasikan adalah 16GB, sementara ukuran minimumnya adalah 8GB.

2. Strorage
Jika PC kalian tidak memiliki drive penyimpanan yang cukup besar, maka kalian perlu melakukan pemutakhiran drive. Strorage yang diperlukanpun dengan ukuran 64GB atau yang lebih besar.

3. Prosesor/CPU
Faktor penentu utama untuk menjalankan Windows10 adalah prosesor. Prosesor yang dianjurkan adalah AMD Ryzen 3000/ lebih, Intel Core i3 8th Gen/ diatasnya dan Qualcomm Snapdragon 8c/ di atasnya.

4. Kartu Grafis
Windows 10 lebih kompatibel dengan DirectX 12 atau dengan yang lebih baru seperti driver WDDM 2.0.

5. Firmware Sistem
Unified Extensible Rirmare Interface (UEFI) pada Windows10 memerlukan versi yang modern dari PC Analog kalian dan mampu melakukan boot secara aman.

6. TPM
Trusted Platform Modul (TPM) yang dibutuhkan adalah versi 2.0.  Jika PC kalian tidak memenuhi persyaratan tersebut, maka kalian pelu mekakukan pemutakhiran untuk hal ini, jika kesulitan bisa menyimak dulu ulasan dari nesabamedia.com

7. Tampilan
Memiliki definisi tampilan setinggi 720, secara diagonal lebih besar dari 9”, dan 8 bit/ saluran warna. Jika ukuran layar PC kalian kurang dari 9”, kemungkinan antar muka pengguna tidak sepenuhnya terlihat.

8. Konektivitas Akun Microsoft dan Internet
Windows11 pada edisi Home memerlukan konektivitas pada internet dan Akun Microsoft untuk pengguna baru agar penyiapan perangkat dapat diselesaikan.

9. Windows Baru untuk Pembaruan
PC kalian perlu menjalankan Windows versi 10 tahun 2004 atau yang lebih baru, untuk melakukan pembaruan melalui Windows update secara gratis.

Setelah membaca artikel ini, tentunya kalian tidak perlu ragu lagi untuk mengupdate sistem operasi Windows kalian. Apalagi banyak fitur-fitur baru yang menarik pada Windows11 yang sangat disayangkan jika terlewatkan.

Komentar