nusabali

Kocek UMKM Terisi hingga Rp 1,2 M

Berkah MotoGP Mandalika

  • www.nusabali.com-kocek-umkm-terisi-hingga-rp-12-m

JAKARTA, NusaBali
Ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP Mandalika 2022 berdampak pada kantong pelaku UMKM. Pasalnya, total pendapatan dari 300 pelaku UMKM meningkat hingga Rp1,2 miliar.

"Kami mengumpulkan data langsung di airport, ada 300 UMKM yang ikut mengalami peningkatan hingga Rp1,2 miliar," terang Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno di Media Center Indonesia (MCI) MotoGP Mandalika 2022, dikutip detikcom dari keterangan Kementerian Kominfo, Sabtu (19/3).

Padahal gelaran MotoGP Mandalika baru saja sesi latihan bebas (free practice) 1 dan 2 pada Jumat (18/3) kemarin, sedangkan untuk balapan nya sendiri akan berlangsung pada Minggu (20/3). Tetapi pendapatan para pelaku UMKM sudah melimpah ruah, tentu saja hal ini menjadi sebuah catatan yang menarik.

Dengan banyaknya penggemar MotoGP yang tersebar di seluruh dunia, tentu ajang ini menyedot banyak perhatian. Ditambah lagi dengan 400 juta penonton yang berasal dari berbagai negara juga hadir di setiap serinya.

Hal itu menjadi salah satu faktor yang sangat kuat bagi peningkatan pendapatan pelaku UMKM di dalam negeri. "Membangkitkan peluang usaha dari para pelaku UMKM, sehingga upaya pemulihan ekonomi nasional bisa cepat," kata pria yang beken disapa Sandi ini.

Sandi juga berharap dengan keuntungan yang didapatkan pelaku UMKM dari ajang ini, bisa menutup kerugian akibat wabah global COVID-19 yang melanda selama dua tahun ke belakang.

Menurutnya ajang ini juga memberikan kesempatan untuk para pelaku UMKM supaya bisa menyebarluaskan produk-produk hingga mendunia.

"Menutup kerugian UMKM selama pandemi berlangsung dua tahun belakangan ini," ujarnya. Selain itu ajang ini juga memberikan keuntungan bagi sektor pariwisata, karena destinasi pariwisata yang tak terhingga di Indonesia, khususnya di Lombok NTB.

"Destinasi pariwisata alam itu, sekarang membuat Lombok menjadi terkenal sebagai lokasi destinasi honeymoon, karena keindahan, suasana dan panoramanya yang unik," tutur Menparekraf Sandiaga.

Peluang dengan banyaknya manfaat ini harus terus dioptimalkan dengan maksimal. Mengingat, MotoGP berpotensi menjangkau banyak masyarakat di berbagai belahan benua. *

Komentar