nusabali

Pemkot Denpasar 'Hidupkan' 8 Dokar Wisata

  • www.nusabali.com-pemkot-denpasar-hidupkan-8-dokar-wisata

Dokar wisata beroperasi setiap Sabtu dan Minggu. Penumpang bisa naik tanpa dipungut biaya, karena masing-masing dokar disubsidi oleh Pemkot Denpasar.

DENPASAR, NusaBali

Dinas Pariwisata Daerah (Disparda) Kota Denpasar kembali mengaktifkan 8 dokar wisata yang beroperasi di kawasan heritage city. Kali ini pengoperasian dokar wisata ini dikhususkan pada Sabtu dan Minggu untuk mengangkut wisatawan yang berlibur.

Kadis Pariwisata Kota Denpasar MA Dezire Mulyani, mengatakan dokar hias kembali dioperasikan karena kebutuhan selama ini untuk menunjang kawasan wisata, dan berkaitan dengan bangkitnya kawasan heritage city di Kota Denpasar.

Dezire mengemukakan, untuk pengoperasian kembali dokar wisata saat ini disubsidi oleh Pemkot Denpasar. Masing-masing kusir dokar disubsidi sebesar Rp 350.000 per hari. Subsidi tersebut berlaku dari 12 Februari 2022 hingga 18 Desember 2022.

Mereka beroperasi hanya khusus hari Sabtu dan Minggu kecuali rahinan Tumpek Kandang, Saraswati, dan Kuningan. “Sabtu dan Minggu saja mereka beroperasi untuk mengangkut wisatawan keliling menikmati kawasan Kota Denpasar. Mereka disubsidi masing-masing Rp 350.000 per harinya,” kata Dezire, Minggu (20/3).

Menurut Dezire, lokasi mangkal dokar wisata saat ini bukan lagi di Denpasar Art Space atau sebelah Utara Pura Jagatnatha, namun kini dipindahkan di dua lokasi yakni di pelataran Pasar Badung dan Terminal Tegal. “Ada empat dokar di pelataran Pasar Badung dan empat dokar di Terminal Tegal,” imbuh Dezire.

Dengan pindahnya lokasi mangkal, otomatis rute juga akan sedikit berubah. Rute pertama yang akan dilalui yakni dari Terminal Tegal menuju Jalan Imam Bonjol menuju Jalan Thamrin hingga ke Jero Kuta lalu menuju Pasar Badung. Selanjutnya rute kedua yakni dari Pasar Badung menuju ke patung Catur Muka, menuju Jalan Kapten Agung lalu menuju Terminal Tegal.

Karena masih situasi pandemi, kapasitas penumpang dibatasi 50 persen. Jika dalam situasi normal satu dokar diisi empat orang penumpang, kini hanya diisi dua orang penumpang. Penumpang dokar wisata ini tidak dipungut biaya alias gratis. *mis

Komentar