nusabali

Dukcapil Berikan Pelayanan Jemput Bola di Dauh Puri

  • www.nusabali.com-dukcapil-berikan-pelayanan-jemput-bola-di-dauh-puri

DENPASAR, NusaBali
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Denpasar gelar pelayanan jemput bola langsung jadi atau Pelangi untuk semua jenis layanan dokumen kependudukan, di Kantor Lurah Dauh Puri, Denpasar Barat, Sabtu (19/3).

Kegiatan Pelangi kali ini dipimpin Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Denpasar Dewa Gde Juli Artabrata. Dikatakannya, pelayanan ini untuk meningkatkan cakupan kepemilikan dokumen kependudukan bagi seluruh masyarakat Kota Denpasar.

Menurutnya, pelayanan yang diberikan adalah semua jenis pelayanan kependudukan seperti akta pencatatan sipil perkawinan, kelahiran, perceraian, kematian, pembuatan kartu tanda penduduk (KTP), kartu keluarga (KK), maupun surat pindah.

“Dengan adanya layanan jemput bola ini diharapkan masyarakat mau meng-update data apabila ada perubahan biodatanya. Jika tidak punya akta lahir, KTP, KIA kami bisa langsung berikan layanan di tempat,” kata Dewa Juli didampingi Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Ni Luh Lely Sriadi.

Dikatakannya, kegiatan selama tahun 2022 ini juga ada atas permintaan desa/kelurahan dan data permohonan yang terkumpul di desa jumlahnya banyak. Sehingga pihaknya langsung bisa memberikan layanan keliling jemput bola.

Meskipun menyediakan pelayanan jemput bola, namun untuk menghindari kerumunan pihaknya mengarahkan warga untuk memanfaatkan pelayanan daring yang telah disediakan, yakni melalui sistem aplikasi Sitaring dukcapil.denpasarkota.go.id.

Menurut Dewa Juli dalam situasi saat ini pelayanan daring lebih praktis dilakukan sehingga tidak menimbulkan kerumunan, dan juga bisa dilakukan dari rumah. “Bagi yang tidak bisa daring, dalam situasi pandemi seperti saat ini kita arahkan agar semua dokumen dikumpulkan dulu di desa/kelurahan, setelah itu kami proses di kantor sehingga masyarakat tinggal mengambil dokumen di Kantor Dukcapil,” tutur Dewa Juli.

Sebelum melaksanakan pelayanan jemput bola pihaknya melakukan komunikasi dengan desa/lurah. Jika berkas sudah terkumpul langsung dilakukan pelayanan jemput bola. Layanan jemput bola dilaksanakan setiap Sabtu dan Minggu. Dalam pelayanan ini pihaknya juga memberikan pelayanan langsung ke rumah masyarakat jika ada warga yang sedang sakit.

Pihaknya juga memberikan pelayanan perekaman data untuk pembuatan KTP bagi warga yang sudah berumur 16 tahun. Namun kartu KTP baru bisa diberikan atau dicetak saat umurnya 17 tahun.

Lurah Dauh Puri I Gusti Ngurah Arnawa mengucapkan terima kasih atas program dari Dinas Dukcapil Denpasar dalam mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Menurutnya, pihaknya telah melakukan komunikasi dengan Dinas Dukcapil Denpasar untuk memberikan pelayanan jemput bola di Kelurahan Dauh Puri. Karena berdasar masukan dari kepala lingkungan, banyak warga yang menginginkan. Berkas yang terkumpul sebanyak 104 berkas dari segala macam jenis pelayanan kependudukan.

Salah seorang warga, Made Hari Yoga Sedana mengucapkan terima kasih atas layanan jemput bola ini, sehingga pihaknya bisa melakukan perekaman data untuk KTP tanpa harus menunggu lama dan tidak mengganggu jadwal kerjanya. *mis

Komentar