nusabali

Aset Koperasi Karyawan Basarnas Capai Rp 2 Miliar

  • www.nusabali.com-aset-koperasi-karyawan-basarnas-capai-rp-2-miliar

MANGUPURA, NusaBali
Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) memiliki koperasi karyawan, Artha Raharja Denpasar, yang asetnya mencapai Rp 2 miliar.

Hingga 2021, tercatat jumlah anggota Koperasi Karyawan Artha Raharja Denpasar sebanyak 116 orang. Kepala Kantor Basarnas Bali yang juga Ketua Pengawas Koperasi, Gede Darmada, menerangkan awal berdirinya koperasi karyawan itu dilakukan atas dasar inisiatif dan kesepakatan bersama seluruh pegawai. Setelah pengajuan secara resmi diperoleh, pada 11 Mei 2012 akta pendirian koperasi dilakukan legalisir badan hukum oleh Bupati Badung. Berdasarkan hasil ratio 31 Desember 2021 kondisi Koperasi Karyawan Sari Artha Raharja Denpasar dalam keadaan sehat secara umum.

“Pencapaian naiknya laba yang didapat pada tahun 2021 tidaklah terlepas dari kontribusi anggota yang memanfaatkan dengan bijak jasa koperasi,” kata Darmada di sela-sela pelantikan pengurus koperasi di Kantor Basarnas Jalan Uluwatu, Jimbaran, Kuta Selatan, Badung, Jumat (18/3).

Darmada mengingatkan bahwa tantangan ke depan akan berat, karena persaingan bunga pinjaman dengan bank-bank komersial. Sehingga harus ada kesadaran disiplin individu dan integritas. “Kejujuran para pengurus dan dukungan penuh anggota juga menjadi kunci kondisi koperasi yang sehat dan semakin maju,” ucap Darmada.

Hal serupa juga dikemukakan perwakilan Dinas Koperasi Kabupaten Badung Made Subagia Harta. Dia juga menyarankan agar Koperasi Karyawan Artha Raharja Denpasar dapat mengembangkan sistem digitalisasi yang saat ini mulai dirancang untuk kinerja yang lebih akurat dan akuntabel. “Harapannya ke depan bisa mengikuti perkembangan dan mengembangkan sistem digitalisasi,” kata Subagia. *dar

Komentar