nusabali

Polda Bali Siapkan Personel Tangguh di Era Police 4.0

  • www.nusabali.com-polda-bali-siapkan-personel-tangguh-di-era-police-40

DENPASAR, NusaBali
Dalam rangka mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul di era Police 4.0, SDM Polda Bali mengoptimalkan pelayanan hak bagi anggota.

Hal ini sebagai bentuk pelaksanaan perawatan hak anggota Polri sesuai dengan visi Kapolri yang diterjemahkan melalui commander wish Kapolda Bali. Karo SDM Polda Bali Kombespol Tri Bisono Soemiharso mengatakan salah satu program prioritas dalam commander wish Kapolda Bali adalah pemantapan rekrutmen, pembinaan, perawatan, dan peningkatan kemampuan personel guna mewujudkan SDM Polda Bali yang unggul di era police 4.0. Menindaklanjuti hal itu, SDM Polda Bali melaksanakan akselerasi terhadap upaya perawatan personel yang memiliki urgensi cukup tinggi dan berdampak pada kinerja dan daya fungsi organisasi.

"Berbicara tentang perawatan anggota Polri, maka dapat disampaikan beberapa hak anggota Polri merujuk pada PP Nomor 42 Tahun 2010 tentang Hak Anggota Polri. Hak tersebut, misalnya pelayanan kesehatan, bantuan hukum dan perlindungan keamanan, cuti, Kapor Polri, tanda kehormatan, perumahan dinas/asrama/mess, transportasi atau angkutan dinas, MPP, pensiun, pemakaman dinas dan uang duka; dan pembinaan rohani, mental, dan tradisi," ungkapnya.

Dari beberapa hak tersebut, Biro SDM Polda Bali melaksanakan langkah nyata untuk akselerasi dan optimalisasi pelayanan hak anggota Polri sebagai bentuk pelaksanaan perawatan anggota Polri.

Dikatakan ada 3 program yang sudah dilaksanakan, yakni program kasih anggota, program pemenuhan perumahan/asrama/mess untuk anggota Polri melalui kerja sama dan kolaborasi dengan pihak swasta, pembangunan rusun di kawasan Sanglah Denpasar serta rencana pembangunan asrama di Polres Karangasem dan Polres Jembrana, dan program penguatan rohani dan mental.

"Ketiga program di atas merupakan kebijakan Kapolda Bali yang dilaksanakan oleh Biro SDM Polda Bali selaku pelaksana utama manajemen SDM Polda Bali. Harapan Kapolda Bali dengan upaya pemenuhan hak anggota Polda Bali walaupun tidak memenuhi keseluruhan hak secara komprehensif," terangnya. *pol

Komentar