nusabali

Tata Tanjung Juntil, Anggaran Rp 4 M

  • www.nusabali.com-tata-tanjung-juntil-anggaran-rp-4-m

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menerima paparan tentang penataan destinasi Objek Wisata Tanjung Juntil di Desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, di ruang rapat kantor Bupati Klungkung, Rabu (16/3) sore.

Paparan oleh arsitek Andika ini disaksikan sejumlah pimpinan OPD terkait.  Penataan Tanjung Juntil akan dilaksanakan tahun 2022 dengan APBD Klungkung sekitar Rp 4 miliar. Dalam kesempatan itu, Bupati Suwirta memberikan beberapa masukan, di antaranya tulisan landmark supaya dibuat menjadi Atuh Tanjung Juntil dan bisa terbaca dari dua sisi, area food court supaya dihilangkan, dan jalur setapak agar dibuat lebih variatif. "Tata lampu supaya diatur sehingga nyaman dikunjungi saat malam hari, air juga agar bisa mengalir ke objek wisata ini. Segera kerjakan apa yang sudah bisa dikerjakan," ujar Bupati Suwirta.

Pemkab Klungkung menata obyek wisata ini setelah pemilik lahan di kawasan itu merelakan tanahnya kepada Pemkab Klungkung untuk penataan. "Penataan yang akan dilakukan berupa pembuatan pedestrian jalan dan penataan kawasan sekitar," ujar Bupati Suwirta.

Pemkab telah memasang anggaran Rp 4 miliar untuk menata kawasan tersebut. Pedestrian yang akan dikerjakan sekitar 700 meter dengan lebar 6 meter. Dari kawasan Tanjung Juntil yang bersebelahan dengan Diamond Beach ini, wisatawan yang berkunjung bisa menikmati gugusan pulau karang dan spot mancing laut lepas.

Bupati Suwirta juga berharap pemilik lahan gayung bersambut dengan penataan yang dilakukan Pemkab. Seperti membuka rumah makan, maupun penunjang lainnya. Selain itu, Bupati juga menjelaskan konsep pengelolaannya nanti dilakukan dengan konsep one gate one destination. "Sehingga wisatawan yang berkunjung cukup dikenakan satu retribusi untuk menikmati destinasi Tanjung Juntil," ujar Bupati Suwirta. *wan

Komentar