nusabali

Lepas Parade Pembalap MotoGP, Jokowi Sempat Pamer Motor

  • www.nusabali.com-lepas-parade-pembalap-motogp-jokowi-sempat-pamer-motor

JAKARTA, NusaBali
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas pembalap MotoGP untuk melakukan parade menuju Bundaran Hotel Indonesia (HI) Jakarta, Rabu (16/3).

Total ada 20 pembalap yang hadir di Istana Merdeka Jakarta dan bertemu Presiden Jokowi. Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi menyambut kedatangan para pembalap MotoGP pada pukul 09.38 WIB.

Para pembalap datang dengan memakai setelan baju khusus balap motor yang akan dipakai dalam Grand Prix Indonesia di Mandalika pada 20 Maret 2022. Setelah berfoto bersama dan menjamu para pembalap dengan hidangan ringan, Jokowi lalu memamerkan motor balapnya kepada para pembalap MotoGP.

Jokowi juga sempat berbincang-bincang santai dengan Marc Marquez dan pembalap lain yang hadir. Kemudian, para pembalap keluar dari halaman Istana Merdeka untuk melakukan parade menuju Bundaran Hotel Indonesia pada pukul 10.00 WIB. Para pembalap lalu menuju motor masing-masing yang diparkir di Jalan Medan Merdeka Utara atau luar Istana Merdeka.

Presiden Jokowi lalu naik ke atas podium dan memegang lalu mengibarkan bendera chequered flag. Terdengar suara motor para pebalap MotoGP. Jokowi mengambil aba-aba bagi para pebalap MotoGP. Jokowi melakukan countdown iring-iringan dan segera setelah itu para pebalap MotoGP melakukan iring-iringan. Para pebalap melambaikan tangan kepada warga yang menonton di rute konvoi. Parade MotoGP berakhir di garis finis Bundaran HI.

Tampak para pebalap MotoGP dari berbagai negara, seperti Marc Marquez dan Bagnaia, beriringan dalam parade MotoGP di Jakarta. Selama parade berlangsung, polisi melakukan penutupan arus lalu lintas dari Istana Merdeka menuju ke Bundaran HI. Sejumlah warga tampak menyaksikan parade MotoGP dengan begitu antusias. Mereka melambaikan tangan kepada para pebalap MotoGp.

Warga berkumpul di sepanjang kawasan Patung Kuda hingga ke Bundaran HI. Para warga terlihat begitu antusias dengan bersorak sorai dan melambaikan tangan. Tidak butuh waktu lama bagi para pebalap MotoGP tiba di Bundaran HI. Suasana riuh ramai teriakan warga terdengar di Bundaran HI. Beberapa ada yang meneriakkan nama salah satu pebalap MotoGP Marc Marquez. "Marquez... I love you!," teriak beberapa warga.

Sebelum melepas parade, Presiden Jokowi beraudiensi dengan pebalap MotoGP di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Kepada Marc Marquez dan kawan-kawan, Jokowi memperkenalkan motor RI 1. Para pebalap MotoGP tiba di Istana Negara dan langsung disambut oleh Presiden Jokowi. Pertemuan ini disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi dan para pebalap MotoGP tampak berbincang dengan Jokowi. Sesekali mereka tertawa ringan. Ada 20 pebalap yang hadir di Istana Merdeka ini. Sebanyak 16 orang adalah pebalap MotoGp dan 2 pebalap Moto2, 1 pebalap Moto3, 1 pebalap IATC berasal dari Indonesia. Marc Marquez, Pol Espargaro dan kawan-kawan kemudian berfoto dengan Presiden Jokowi secara bergantian di dalam Istana Merdeka. Juga hadir dalam audiensi ini CEO Dorna Carmelo Ezpeleta. Seusai sesi foto tersebut, Presiden Jokowi memperlihatkan motor RI 1 Kawasaki W175 di halaman Istana. Kepada Marc Marquez, Jokowi kemudian menjelaskan mengenai Motor RI 1 ini. Jokowi kemudian menaiki motor RI 1 itu di hadapan Marquez dan kawan-kawan, lalu menggebernya sebentar.

Jokowi mengatakan motor tersebut tak sekeren milik para pebalap MotoGP.

"Sepeda motor saya ini tidak sekeren milik para pembalap MotoGP," ujar Jokowi seperti dilihat dalam akun Instagram @jokowi, Rabu kemarin. Tapi, kata Jokowi, motor itu sering digunakannya saat bertemu dengan warga. Motor itu pula yang pertama kali menjajal sirkuit Mandalika yang bakal jadi arena balapan MotoGP.

"Tapi motor ini sering saya kendarai saat berkunjung ke daerah, bertemu dan mendengarkan aspirasi masyarakat, melihat permasalahan di lapangan, meninjau perkembangan pembangunan infrastruktur, hingga mencoba sirkuit di Mandalika," tulis Jokowi.

Kenapa Presiden Jokowi tak ikut parade dengan para pembalap? Usai pertemuan dengan Marquez dkk, Jokowi mengaku lemas karena tidak boleh ikut naik motor. Alasan Jokowi tidak boleh ikut parade adalah keamanan. "Saya tidak naik motor karena tidak diperbolehkan dari sisi keamanan. Jadi tadi saya lemes itu," katanya di depan Istana Merdeka dilansir detik.com. Jokowi kemudian ditanya apakah akan menonton langsung MotoGP. Jokowi mengatakan akan melihat waktu terlebih dahulu. "Iya saya akan lihat, tapi mungkin hanya 1 hari saja. Jumat, Sabtu, Minggu, saya hanya sehari," kata Jokowi.

Seperti diketahui MotoGP Mandalika 2022 bakal digelar pada 18-20 Maret 2022 mendatang. MotoGP Mandalika merupakan seri kedua MotoGP 2022 setelah akhir pekan lalu digelar di Sirkuit Internasional Losail, Qatar. Rangkaian MotoGP 2022 akan dimulai dengan sesi Free Practice 1 dan 2 pada Jumat (18/3) pukul 08.00 WIB atau 09.00 Wita. Sementara tahap Free Practice 3 dan 4 dan Kualifikasi akan berlangsung pada Sabtu (19/3). Kemudian race atau balapan akan bergulir pada Minggu (20/3). Selain tiga hari seri MotoGP, Moto2, dan Moto3, ajang Grand Prix di Sirkuit Mandalika juga akan menggelar balapan dua balapan Asia Talent Cup pada 19 Maret dan 20 Maret. *

Komentar