nusabali

Antisipasi Angin Kencang, Dinas LHK Pangkas Pohon Perindang

  • www.nusabali.com-antisipasi-angin-kencang-dinas-lhk-pangkas-pohon-perindang

DENPASAR, NusaBali
Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) Kota Denpasar, melakukan perompesan atau pemangkasan pohon perindang jalan dengan menyasar beberapa titik yang tersebar di wilayah perkotaan guna mengantisipasi tiupan angin pada musim hujan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Denpasar Ida Bagus Putra Wirabawa, di Denpasar, Selasa (15/3), mengatakan musim hujan serta cuaca tidak menentu masih terjadi di wilayah Kota Denpasar. “Kondisi ini sangat berpotensi terjadi angin kencang disertai guyuran hujan lebat,” ucap Gustra, sapaan Ida Bagus Putra Wibawa.

Selain itu, kata dia, saat musim hujan beban pohon perindang lebih berat dari biasanya. Sehingga, untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan bersama, maka Dinas LHK secara intensif melaksanakan perompesan pohon yang terlalu rimbun. Hal ini diharapkan mampu meringankan beban pohon untuk mengurangi terjadinya pohon tumbang.

Menurut Gustra, bahwa pelaksanaan perompesan pohon perindang, selain untuk meringankan beban dan mencegah terjadinya pohon tumbang, juga sebagai upaya untuk mempercantik wajah kota, sehingga terlihat rapi dan indah.

“Dinas LHK secara rutin melaksanakan perompesan pohon perindang di seluruh ruas jalan Kota Denpasar. Besar harapan kami, masyarakat juga turut memberikan informasi tentang lingkungan sekitar khususnya pohon perindang yang dinilai segera untuk dilakukan perompesan,” ujar Gustra.

Gustra mengatakan bahwa secara berkelanjutan pihaknya terus melaksanakan pendataan dan pemetaan terhadap kondisi dan usia pohon perindang. Sehingga apakah diperlukan penanaman ulang atau cukup dengan perompesan saja.

Dikatakan, Dinas LHK telah melaksanakan perompesan di beberapa titik yang dilaksanakan secara rutin memasuki musim hujan. Tim Dinas LHK melaksanakan mobiling serta mengecek pohon perindang di seputaran Kota Denpasar.

“Nanti jika dilihat sudah terlalu tinggi dan berpotensi diterpa angin kencang akan dilaksanakan perompesan secara berkala,” kata Gustra. *ant

Komentar