nusabali

Karang Taruna Tri Duta Yowana Gelar Lomba Sketsa Ogoh-ogoh

  • www.nusabali.com-karang-taruna-tri-duta-yowana-gelar-lomba-sketsa-ogoh-ogoh

MANGUPURA, NusaBali
Banyak cara dalam rangka pelestarian seni dan budaya, salah satunya dengan perlombaan sketsa ogoh-ogoh.

Lomba ini diselenggarakan atas inisiatif Karang Taruna Tri Duta Yowana, Kelurahan Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Badung. Rangkaian lomba telah terlaksana sekitar sebulan, dimulai dari persiapan sampai hari pelaksanaan penilaian lomba. Adapun perinciannya, yaitu dimulai dari technical meeting yang dilaksanakan pada 5 Maret 2022. Dilanjutkan lomba sketsa ogoh-ogoh pada 12 Maret 2022, dan yang terakhir yaitu penilaian dan penutupan lomba sketsa ogoh-ogoh yang dilaksanakan pada 13 Maret 2022. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 17 orang yang terdiri dari masing-masing perwakilan sekaa teruna dan yowana se-Kelurahan Benoa.

Ketua Karang Taruna Tri Duta Yowana I Made Sugiarta, mengatakan lomba sketsa ogoh-ogoh antar pemuda se-Kelurahan Benoa dilaksanakan secara offline bertempat di Wantilan Kantor Lurah Benoa. “Dengan dilaksanakan secara offline, maka kami dari panitia dapat menyaksikan langsung proses pembuatan sketsa yang dibuat,” ujarnya, Minggu (13/3).

Menurut Sugiarta, lomba sketsa ogoh-ogoh bertujuan untuk tetap menampilkan kreativitas generasi muda dan mengasah kemampuan yang dimiliki anak-anak muda yang ada di kelurahan benoa di masa pandemi, agar bakat yang mereka miliki terus berkembang. “Kami ingin mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada pihak-pihak yang sudah membantu dalam melaksanakan acara dengan lancar dan sukses. Tidak lupa juga, kami mengucapkan terima kasih kepada peserta yang sudah mengikuti lomba ini,” ucapnya.

Sementara, Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa, yang menghadiri langsung saat penilaian dan penutupan lomba mengaku bangga, karena generasi muda bisa tetap menyelenggarakan kegiatan positif di tengah suasana pandemi. “Perlu diketahui bersama, saya hadir mewakili Bapak Bupati Badung dalam rangka mendorong dan memotivasi generasi muda agar ke depan terus mengadakan event-event seperti ini. Kami berharap agar adik-adik selaku generasi penerus tetap menjaga budaya yang adiluhung ini. Apabila kita tidak bisa melestarikan budaya kita ini jangan berharap pariwisata kita bisa bertahan,” katanya.

“Mudah-mudahan ke depan kita bisa membuat event-event dengan kemasan yang lebih bagus dan menarik lagi. Apakah itu lomba sketsa ogoh-ogoh termasuk lomba miniatur ogoh-ogoh dalam bentuk event-event yang melibatkan semua stakeholder pariwisata. Pemkab Badung akan terus mendukung dalam rangka penyelenggaraan kegiatan seperti sekarang ini,” kata Adi Arnawa. *asa

Komentar