nusabali

Persiapan Pujawali di Pura Lempuyang Madya

  • www.nusabali.com-persiapan-pujawali-di-pura-lempuyang-madya

AMLAPURA, NusaBali
Pangempon mempersiapkan keperluan upakara jelang pujawali di Pura Lempuyang Madya, Banjar Tuminggal, Desa Tiyingtali, Kecamatan Abang, Karangasem pada Purnama Kadasa, Wraspati Paing Dukut, Kamis (17/3).

Pangayah mulai bersih-bersih dan menghias penjor. Panglingsir pangempon Pura Lempuyang Madya I Wayan Kari Subali bersama Baga Parahyangan I Ketut Denes mengungkapkan, pangayah siapkan penjor dan sarana upacara lainnya.

Kari Subali mengatakan, pujawali di Pura Lempuyang Madya dua kali setahun, Purnama Kapat dan Purnama Kadasa. “Sebelum puncak pujawali, digelar upacara masucian di hari itu juga dan Ida Bhatara nyejer selama tiga hari, masineb Redite Kliwon Watugunung, Minggu (20/3)” jelas Kari Subali. Ada dua jalur menuju Pura Lempuyang Madya dari jalur Banjar Kemuda, Desa Tribuana, Kecamatan Abang, dan jalur Banjar Tuminggal, Desa Tiyingtali, Kecamatan Abang. Sebelumnya jalur itu berupa jalan setapak terjal.

Ketut Denes mengatakan, seluruh upakara yang dibutuhkan telah siap. “Apalagi pangayah antusias ngayah jelang puncak pujawali,” ungkap Ketut Denes. Kini pamedek dimudahkan dengan adanya parkir. Dari Pura Lempuyang Madya, bisa lanjut melakukan persembahyangan ke Pura Sad Kahyangan Lempuyang Luhur dengan menaiki seratusan anak tangga. *k16

Komentar