nusabali

Demi Pelabuhan, Lebar Jalan di Ceningan Jadi 7,5 Meter

  • www.nusabali.com-demi-pelabuhan-lebar-jalan-di-ceningan-jadi-75-meter

SEMARAPURA, NusaBali
Pemkab Klungkung akan melebarkan akses jalan dari 2,5 meter menjadi 7,5 meter, di Dusun Ceningan, Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung.

Pelebaran ini untuk menunjang Pelabuhan Bias Munjul di dusun setempat.  Hanya saja ada kendala yakni beberapa titik di jalan itu mengenai lahan warga. Masih ada 2 pemilik lahan yang belum merelakan lahannya untuk pelebaran karena terlanjur membangun. Oleh sebab itu, Pemkab terpaksa mengambil jalan tengah dengan jalan existing (urukan). "Sementara belum ada solusi, kami sementara mengikuti existing," ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Kawasan Permukiman Klungkung I Made Jati Laksana, Minggu (13/3).

Jati Laksana menjelaskan, jalan existing yang dimaksud  yakni jalan yang dilebarkan dengan mengikuti jalan yang ada. "Tetapi kalau masih ada kendala seperti itu terpaksa kami mengikuti existing atau mengikuti lebar jalan yang sudah ada," kata Jati Laksana.

Jelas dia, ada sekitar 5 km meter lebih jalan di Nusa Ceningan yang akan diperlebar. Jalan itu terdiri dari jalan lingkar di bagian bawah, yakni dari Pelabuhan Bias Munjul menuju Jembatan Kuning sepanjang 1,3 km lebih dan jalan lingkar atas sepanjang 3,9 km. “Rata-rata jalan exsisting sekarang memiliki lebar 2,5 meter. Rencananya akan diperlebar menjadi 7,5 meter,” kata Jati Laksana.

Untuk bisa melebarkan jalan tersebut sesuai rencana, sebagian besar warga yang lahannya terkena imbas pelebaran jalan lingkar dengan pelbagai upaya merelakan tanahnya.

Proyek ini menelan anggaran Rp 13,3 miliar untuk jalan lingkar bagian bawah, di mana kegiatan itu diusulkan untuk dianggarkan melalui dana Bantuan Keuangan Khusus (BKK). "Saat ini kami masih menunggu ketersediaan anggaran, untuk sekarang masih tahap pematangan perencanaan," kata Jati Laksana.*wan

Komentar