nusabali

Pariwisata Nusa Penida Kembali Menggeliat

  • www.nusabali.com-pariwisata-nusa-penida-kembali-menggeliat

SEMARAPURA, NusaBali
Kunjungan wisatawan ke sejumlah objek wisata di  Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, makin menggeliat sejak beberapa hari terakhir.

Sehari rata-rata kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara bisa mencapai 500 orang. Kalangan pelaku pariwisata memprediksi, kunjungan wisatawan ke pulau ini akan meningkat seiring penetapan bebas karantina bagi pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) sejak 7 Maret 2022. Kepala Dinas Pariwisata Klungkung  Anak Agung Gede Putri Wedana mengatakan kunjungan wisatawan sudah mulai meningkat rata-rata dalam sehari 500 orang atau sekitar 20 persen sejak pariwisata kembali dibuka beberapa waktu lalu. "Jika sebelum pandemi kunjungan wisatawan mencapai 2.000 - 3.000 orang per hari," kata Agung Wedana.

Kunjungan wisatawan ini pun diprediksi akan meningkat, terutama di Nusa Penida menyusul penerapan bebas karantina bagi PPLN. "Kami berharap agar pariwisata kembali bangkit," harap Agung Wedana.

Dia menyebutkan, jajaran Dinas Pariwisata Klungkung telah turun menggelar sosialisasi terkait pemberlakukan kembali pemungutan retribusi bagi wisatawan domestik dan mancanegara per Jumat (1/4) nanti. Retribusi untuk wisatawan dewasa Rp 25.000/orang, dan anak-anak Rp 15.000/orang. Dengan membayar retribusi tersebut wisatawan bisa menikmati destinasi Nusa Penida.  "Pemungutan ini sudah diatur dalam Perda, dan pelaku pariwisata juga sudah mendukung," kata Agung Wedana.

Sebelumnya, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menekankan protokol kesehatan agar lebih ditingkatkan dalam melayani wisatawan. ‘’Jangan sampai terekam video dan dikirim ke negaranya, sehingga akan menjadi berita buruk. Ini jangan dianggap remeh. Mari kita semangat, mari kita bangkit, protokol kesehatan tidak boleh lengah," harap Bupati Suwirta.*wan

Komentar