nusabali

Adi Arnawa Pimpin Rapat Forum Perangkat Daerah

  • www.nusabali.com-adi-arnawa-pimpin-rapat-forum-perangkat-daerah

MANGUPURA, NusaBali
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Rapat Forum Perangkat Daerah di lingkungan Setda Kabupaten Badung, di Ruang Rapat Kriya Gosana, Puspem Badung, Kamis (10/3).

Rapat ini bertujuan meningkatkan koordinasi perencanaan dan penentuan arah kebijakan kedepannya, sekaligus pada kesempatan tersebut juga disampaikan agenda perencanaan.

Rapat dibuka langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa. Rapat dilaksanakan secara hybrid dan dihadiri seluruh Kepala OPD atau perwakilan, perwakilan BPN Badung, Kejari Badung, Ombudsman RI dan undangan lainnya.

Sekda Adi Arnawa mengatakan, sebelum masing-masing perangkat daerah menyampaikan rencana kerja (renja) yang akan menjadi dasar dari rencana kerja perangkat daerah (RKPD) Kabupaten Badung, maka terlebih dahulu dilaksanakan Forum Perangkat Daerah Setda Kabupaten Badung untuk RKPD tahun 2023. Langkah ini adalah untuk menyamakan persepsi terutama terkait dengan program-program yang akan dilakukan dalam rangka menunjang visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati yang tertuang dalam RPJMD Semesta Berencana 2021-2026.

Pihaknya juga menekankan beberapa hal-hal strategis yang perlu didorong terus, seperti pengendalian pangan. Adi Arnawa meminta pihak yang terkait segera mengkaji dan membuat satu program dalam rangka pembentukan Perumda yang optimal. “Karena melihat inflasi yang terus meningkat ini perlu dilakukan tata kelola dan perlu suatu intervensi pemerintah. Satu- satunya yang bisa kita lakukan dalam hal ini adalah harus membentuk Perumda,” ujarnya.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan hari ini tentu apa yang menjadi visi misi Bupati dan Bapak Wakil Bupati dalam batas waktu yang sudah ditentukan bisa diwujudkan dengan sebaik-baiknya. Tentu semua itu sangat tergantung dari kapasitas fiskal kita, kita tahu bahwa pengalaman kemarin banyak kegiatan yang tidak terakomodir karena keterbatasan fiskal kita,” kata Adi Arnawa.

Sementara itu, Kepala Bappeda I Made Wira Dharmajaya, mengatakan maksud pelaksanaan Rapat Forum Perangkat Daerah ini diharapkan dapat menjadi media untuk mendapatkan saran, masukan, dan pertimbangan sebagai bahan penyempurnaan renja Setda Badung tahun 2023. “Di samping itu juga untuk memperoleh masukan atau saran atau pertimbangan dalam rangka penajaman target kinerja sasaran, program dan kegiatan, lokasi dan kelompok sasaran yang telah disusun dalam rancangan Renstra Perangkat Daerah,” jelasnya. *ind

Komentar