nusabali

Sampah di TPS Yangbatu Baru Tertangani

  • www.nusabali.com-sampah-di-tps-yangbatu-baru-tertangani

DENPASAR, NusaBali
Selain di eks Pasar Loak, Jalan Gunung Agung, Kelurahan Pemecutan, Denpasar Barat, penumpukan sampah juga terjadi di TPS Yangbatu, Desa Dangin Puri Kelod, Denpasar Timur.

Tumpukan sampah yang menggunung baru diangkut petugas Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) Kota Denpasar, Rabu (9/3).

Penanganan tumpukan sampah itu dipantau langsung Camat Denpasar Timur I Made Tirana didampingi Perbekel Dangin Puri Kelod I Made Sada. Menurut Tirana, pasca hari raya keagamaan volume sampah mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Namun, para petugas kebersihan baru bisa menangani karena banyak sampah yang ditangani.

Proses saat ini untuk mengurai penumpukan sampah dilakukan percepatan penanganan. Dengan percepatan ini dia berharap tumpukan sampah dapat tuntas sesegera mungkin, sehingga tidak mengganggu kenyamanan masyarakat.

“Sesuai arahan Bapak Walikota, kami akan kawal agar penumpukan sampah ini tertangani secepat mungkin. Kami juga sudah koordinasikan kepada perbekel/lurah agar TPS dipantau, diantisipasi, dan dioptimalkan pengangkutannya secara berkala oleh tim, sehingga sampah tidak meluber dan menumpuk,” kata Tirana.

Sementara itu, Kadis LHK Kota Denpasar Ida Bagus Putra Wirabawa didampingi Kabid Kebersihan Dinas LHK Wayan Adi Wiguna, mengatakan saat ini petugas dari Dinas LHK Denpasar sedang melaksanakan penanganan. Sehingga seluruh sampah yang ada di TPS dapat ditangani. “Semoga seluruh sampah bisa segera tertangani,” kata Gustra, sapaan Ida Bagus Putra Wirabawa.

Gustra menjelaskan, saat ini sampah rumah tangga dan sisa upakara masih mendominasi. Untuk menanganinya pihaknya mengerahkan alat berat serta armada truk pengangkut guna mempercepat penanganan. “Saat ini kami kerahkan alat berat dan puluhan armada dump truck untuk mempercepat mengangkut sampah di TPS se-Kota Denpasar,” kata Gustra.

Dikatakannya, untuk menghindari terjadinya penumpukan sampah yang berulang, warga diminta memperhatikan dan mentaati jadwal jam pembuangan sampah. Sampah-sampah yang dibuang hendaknya sudah terpilah. “Saat ini Pemkot Denpasar sedang menggenjot pembangunan TPS3R di desa/kelurahan dan 3 TPST untuk menangani masalah sampah,” tandas Gustra. *mis

Komentar