nusabali

Klungkung Rancang Regrouping 40 SD

  • www.nusabali.com-klungkung-rancang-regrouping-40-sd

SEMARAPURA, NusaBali
Pemkab Klungkung akan mengkelompokkan ulang atau regrouping 40 sekolah dasar (SD) di Kabupaten Klungkung menjadi 20 SD.

Upaya ini karena sekolah tersebut rata-rata minim siswa atau kurang dari 60 siswa. Apabila tidak digabung maka sekolah yang bersangkutan tidak akan memperoleh dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). "Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) akan menghentikan penyaluran dana BOS terhadap sekolah yang siswanya kurang dari 60 orang," ujar Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Klungkung, I Ketut Sujana, Rabu (9/3).

Walaupun sekarang peraturan tersebut belum diterapkan, kata dia, namun Disdik tetap mengantisipasi dengan regrouping, "Kami memiliki 138 SD, yang akan digabung sebanyak 40 SD menjadi 20 SD," kata Sujana.

Sebagian besar SD dengan jumlah siswa di bawah 60 siswa berada di Kecamatan Nusa Penida. Bahkan ada SD yang jumlah siswanya hanya 25 orang. “Panitia regrouping sudah dibentuk, kami akan godok lebih lanjut,” tegas Sujana.

Regrouping ini akan dilakukan secara selektif, jika jumlah siswa di bawah 60 orang. Namun bila diregrouping ternyata berpotensi adanya siswa yang putus sekolah karena jarak sekolah yang jauh, maka regrouping tidak dilakukan. Misalnya, awalnya siswa jalan 1 kilometer, tapi setelah regroping jadi 5 kilometer, tentu sekolahnya tidak jadi diregrouping. Karena dikhawatirkan siswa berpotensi putus sekolah karena jarak sekolah yang semakin jauh. Kecuali, Pemkab sudah bisa sediakan angkutan siswa gratis. "Sehingga keputusan regrouping ini akan dikaji secara mendalam," kata Sujana. *wan

Komentar