nusabali

Polsek Pekutatan Gelar Patroli Rahayu dan Parap Ini Mas

  • www.nusabali.com-polsek-pekutatan-gelar-patroli-rahayu-dan-parap-ini-mas

NEGARA, NusaBali
Dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), jajaran Polsek Pekutatan menggalakkan patroli.

Selain Patroli Kendaraan Cahaya Biru (Patroli Rahayu), jajaran Polsek setempat juga rutin melaksanakan Patroli Serap Opini Masyarakat atau Parap Ini Mas.  Seperti dilaksanakan Senin (7/3) subuh, personel piket Polsek Pekutatan melaksanakan Patroli Rahayu dengan menyasar sejumlah wilayah rawan kriminalitas dan kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di wilayah Kecamatan Pekutatan. Kemudian berlanjut pada Senin pagi, dilaksanakan Parap Ini Mas di SPBU di Banjar Dangin Pangkung, Desa/Kecamatan Pekutatan.

Kapolsek Pekutatan Kompol I Nyoman Susila mengatakan, kegiatan Patroli Rahayu maupun Parap Ini Mas itu, merupakan implementasi program Bhajra Shanti, yakni Bhayangkara Jembrana Bersahabat dan Antisipatif, yang diprogramkan Kapolres Jembana AKBP I Dewa Gde Juliana.

Khusus kegiatan Patroli Rahayu berupa patroli dengan menyalakan lampu rotator itu, biasa digelar pada tengah malam ataupun saat subuh yang tergolong menjadi jam rawan terjadinya pencurian atau tindakan kriminalitas lainnya.

"Patroli Rahayu itu, bertujuan mencegah terjadinya kriminalitas. Dengan kehadiran Polri di tengah masyarakat pada malam hari, apalagi jauh dari jangkauan penduduk atau pihak keamanan, akan memberikan rasa aman kepada warga masyarakat maupun mempersempit ruang gerak bagi pelaku-pelaku kriminalitas," ucap Kompol Susila.

Sedangkan kegiatan Parap Ini Mas, sambung Kompol Susila, menjadi upaya tindakan preventif untuk mengetahui topik hangat yang sedang terjadi di masyarakat. Dalam kegiatan Parap Ini Mas dengan menyasar objek vital ataupun tempat keramaian itu, juga sekalian menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas di masyarakat.

"Melalui kegiatan Parap Ini Mas itu, kami berinteraksi untuk menyerap informasi dari masyarakat yang tentunya dapat mengganggu situasi stabilitas kamtibmas secara umum. Sehingga informasi dari masyarakat itu bisa sebagai bahan masukan dalam mengambil kebijakan maupun tindakan antisipatif," ujar Kompol Susila.

Dalam kegiatan patroli yang dilaksanakan Senin kemarin, kata Kompol Susila, belum ada ditemukan gangguan keamanan. Kegiatan patroli itu pun akan rutin digelar sebagai implementasi program Bhajra Shanti dalam upaya menciptakan Kamtibmas yang aman dan kondusif. *ode

Komentar