nusabali

Tabanan Pasok Bebih Nila di Danau Batur

  • www.nusabali.com-tabanan-pasok-bebih-nila-di-danau-batur

TABANAN, NusaBali
Memiliki 4 unit Balai Pembenihan Ikan (BPI) dan 41 unit Usaha Pembenihan Ikan Rakyat (UPR), Tabanan menjadi salah satu pemasok benih ikan untuk budidaya di Bali.

Di antaranya pasokan benih ikan kepada petani pembudidaya ikan nila di Danau Batur, Kintamani, Kabupaten Bangli.
 Kualitas benih, seperti daya tahan dan pertumbuhan yang  cepat  menjadikan benih ikan dari Tabanan banyak dicari. “Kuliner mujair nyanyat, salah satu sumber bahan bakunya berasal dari sini (Tabanan),” ungkap Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Tabanan I Kade Artina, Senin (7/3).

Karena banyaknya permintaan bibit ikan, baik dari Tabanan dan dari luar itulah menjadikan  jumlah UPR lumayan banyak sampai 41 UPR. Karena BPI yang dimiliki pemerintah hanya 4 unit,  tidak bisa memenuhi banyaknya permintaan bibit ikan.  UPR-UPR itulah yang  ikut mamasok kebutuhan bibit ikan. “ UPR-UPR itu merupakan binaan kita (Dinas Kelautan dan Perikanan),” ujar Kade Artina didampingi AA Raka Bakta Wirawan (personel  Fungsional Perencanaan) dan I Wayan Ardita (Fungsional Pasar).

Dikatakan   pembenihan memang merupakan salah satu segmen usaha di bidang perikanan yang kian  banyak dilakoni warga. Apalagi setelah pariwisata terpuruk, akibat pandemi Covid-19. Tidak sedikit pekerja pariwisata yang terkena PHK atau dirumahkan   menekuni budidaya ikan khususnya pembenihan. “ Permintaan banyak, sehingga cepat bisa ‘diuangkan’  dijual,” ujar Kade Artina.

Kade Artina juga menjelaskan, dari 3 jenis produksi perikanan di Tabanan,  semua mengalami peningkatan produksi.  Untuk perikanan budidaya produksinya dari 3.096,39 ton pada tahun 2020, meningkat menjadi 3.102,36 ton pada tahun 2021. “Ini include produksi pembenihan,” jelas Kade Artina.

Kemudian produksi perikanan tangkap  dari 754,57 ton pada 2020  menjadi 762,10 ton pada 2021. Dan produksi olahan perikanan dari 2.453,37 ton pada 2020 meningkat jadi 2.509,93 ton. *k17

Komentar