nusabali

Pemkab Klungkung Gelar Perayaan Tumpek Wayang dengan Aksi Bersih-bersih

  • www.nusabali.com-pemkab-klungkung-gelar-perayaan-tumpek-wayang-dengan-aksi-bersih-bersih

SEMARAPURA, NusaBali - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta memimpin kegiatan bersih-bersih sampah plastik dan menanam 30 pohon Cempaka dan Tabebuya, di Alun-alun Ida Dewa Agung Jambe, Kelurahan Semarapura Tengah, Kecamatan Klungkung, Sabtu (5/3).

Selain itu, Bupati Suwirta juga menata pohon Bougenville di Monumen Ida Dewa Agung Jambe.

Kegiatan ini dilaksanakan sesuai instruksi Gubernur Bali Nomor 4 Tahun 2022 tentang perayaan rahina Tumpek Wayang dengan upacara Jagat Kerthi, yaitu sebagai pelaksanaan tatanan kehidupan masyarakat Bali berdasarkan nilai-nilai kearifan lokal Sat Kerthi. 

Hadir di acara tersebut Ketua DPRD Klungkung Anak Agung Gde Anom, Ketua TP PKK Klungkung Ny Ayu Suwirta, OPD terkait serta sejumlah pelajar.

Bupati Suwirta sangat menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini. Menurutnya makna perayaan Tumpek Wayang ini adalah menjaga keharmonisan alam beserta isinya. “Kita tidak mulai kegiatan ini di sini saja, tetapi juga di masing-masing desa dan ke depannya berkesinambungan. Di Kabupaten Klungkung sudah melakukan kegiatan ini dengan baik, seperti memelihara pepohonan dan tanaman lainnya,” ujar Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta menambahkan Kabupaten Klungkung juga sudah melakukan Gerakan Sampah Plastik sejak 2018 lalu. Resik sampah bersama juga dilaksanakan setiap Jumat. Upaya ini dilakukan agar kebersihan lingkungan tetap terjaga dengan baik. “Mari bersama-sama maknai peringatan Tumpek Wayang ini untuk menjaga keharmonisan alam dengan sebaik-baiknya,” harap Bupati Suwirta.

Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra mengatakan kegiatan ini diawali dengan melakukan penanaman pohon dan bersih-bersih sampah plastik. Nilai-nilai adiluhung Sat Kerthi seperti keharmonisan antara alam, manusia, dan kebudayaan Bali yang meliputi tradisi, seni, budaya hingga kearifan lokal secara sekala dan niskala diharapkan bisa dipahami dan diterapkan dengan disiplin dan penuh tanggung jawab. “Tujuannya untuk mewujudkan visi dan misi pembangunan daerah Nangun Sat Kerthi Loka Bali menuju Bali era baru,” kata Winastra. 7 wan

Komentar