nusabali

RS Unud Tingkatkan Fasilitas Sebagai RS Rujukan Saat KTT G20

  • www.nusabali.com-rs-unud-tingkatkan-fasilitas-sebagai-rs-rujukan-saat-ktt-g20

MANGUPURA, NusaBali
Rumah Sakit PTN Universitas Udayana (Unud) menyiapkan SDM dan meningkatkan fasilitas hingga layanan internasional sebagai rumah sakit rujukan dalam acara Presidensi G20 tahun 2022.

"Kalau dari persiapan, RS Unud sudah menyiapkan mulai dari SDM, dokter spesialis, paramedis, hingga residen yang juga akan dilibatkan saat kegiatan G20 tersebut. Sarana prasarana juga, dari ICU, ICU VIP, bagi yang COVID hingga non-COVID," kata Direktur Utama RS Unud, Prof Dr dr I Dewa Made Sukrama, MSi Sp MK(K) saat dikonfirmasi di Denpasar, Rabu (2/3).


Dia menyatakan siap atas penunjukan sebagai rumah sakit rujukan dalam kegiatan G20. Kata dia, saat ini tidak ada kendala dalam persiapan dan pihaknya berharap agar prevalensi kasus tidak kembali melonjak, dan acara presidensi G20 bisa terlaksana dengan lancar, dan efeknya ekonomi Bali segera pulih. Sebelum adanya perhelatan Presidensi G20 ini, RS PTN Unud telah mengembangkan Travel Medicine Center dan Medical Tourism.

Selain itu, seluruh layanan poliklinik, layanan rawat jalan, rawat inap dan rawat intensif juga telah beroperasi selama ini, tidak hanya bagi warga lokal di sekitar area Badung Selatan tetapi juga bagi turis mancanegara. "Sarana prasarana kami sudah siap dengan ruangan VIP, ICU VIP, UGD yang dipisahkan untuk pasien COVID dan non-COVID. Untuk laboratorium juga siap dengan menyediakan lima mesin PCR, dan tes usap antigen. Dengan tenaga paramedis 127 orang lebih kemudian juga dokter spesialis 76 orang," jelasnya.

Sebelumnya, dari Kemenkes RI diwakili dr Asral Hasan MPH dan Ratih Dwi Lestari SKep MARS didampingi oleh Dinkes provinsi Bali, dan juga dari Kemenko Kemaritiman dan Investasi RI, melakukan pengecekan terkait fasilitas di RS Unud.

"Dari hasil kunjungan kemarin ya sudah keliling melihat sarana prasarana dan alur nya. Jadi kalau ada kekurangan akan diperbaiki lagi. Meski tidak ditarget tapi tetap RS siap sedia melakukan skala darurat dan yang lainnya," ucap Dewa Made Sukrama. *ant

Komentar