nusabali

Bandara Ngurah Rai Dibuka Lagi, Tiga Flight Internasional Mendarat Hari Ini

  • www.nusabali.com-bandara-ngurah-rai-dibuka-lagi-tiga-flight-internasional-mendarat-hari-ini

MANGUPURA, NusaBali.com - Setelah menutup operasional selama 24 jam pada Hari Raya Nyepi, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai kembali membuka layanannya mulai pukul 06.00 Wita. Segera setelahnya flight atau penerbangan perdana tujuan kedatangan pun melakukan pendaratan.

Pembukaan kembali operasional bandara diawali dengan kedatangan penerbangan dari Jakarta menggunakan maskapai Batik Air dengan nomor penerbangan ID 6500 tiba pukul 07.12 Wita. Sementara itu penerbangan tujuan keberangkatan pertama berangkat pukul 08.30 Wita dengan maskapai Lion Air nomor penerbangan JT 039 tujuan Jakarta.

"Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali hari ini telah membuka kembali penerbangan domestik maupun internasional sesuai batas NOTAM Airnav Nomor A0031/22NOTAMN dan seluruh personel telah melaksanakan tugas seperti biasanya," terang Herry AY Sikado, General Manager PT Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai, Jumat (4/3/2022).

"Terkait penerbangan pertama yang tiba setelah dilakukan penutupan operasional dalam memperingati Nyepi yakni mendarat perdana Batik Air dari Jakarta kemudian lepas landas perdana maskapai Lion Air tujuan Jakarta.”

Herry menjelaskan, selama Nyepi berlangsung pada 3 Maret 2022 Pukul 06.00 Wita hingga tanggal 4 Maret 2022 Pukul 06.00 Wita, pihaknya memastikan semua berjalan dengan baik serta tidak ada medical evacuation maupun emergency flight.

Selain penerbangan domestik, sehari setelah Nyepi bandara tersibuk kedua di Indonesia  juga  kedatangan tiga penerbangan internasional. Ketiganya adalah penerbangan perdana pada rute masing-masing.

Maskapai Jetstar tiba dari Bandara Changi Singapura untuk pertama kalinya semenjak terminal internasional Bandara Ngurah Rai kembali dibuka pada masa pandemi pukul 09.55 Wita. Dilanjutkan penerbangan Garuda Indonesia dari Sydney, Australia, pada pukul 14.45 Wita. Terakhir adalah maskapai Scoot Tiger yang akan terbang juga dari Singapura akan tiba pukul 18.05 Wita. 

"Adapun hari ini terdapat penerbangan perdana khusus internasional setelah Nyepi yaitu maskapai Jetstar pukul 09.55 WITA dari Singapura dan berangkat kembali pukul 10.45 WITA, suatu harapan lagi bagi penerbangan internasional yang dimana Jetstar mengisi slot penerbangan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali pertama kalinya juga sejak pandemi Covid-19".

Herry pun memprediksi Bandara Ngurah Rai akan lebih sibuk selepas libur Nyepi. Trafik penerbangan diperkirakan meningkat, khususnya tujuan kedatangan, karena terdapat libur hari Sabtu dan Minggu.

“Dalam artian banyak masyarakat memilih berlibur pada waktu tersebut," pungkas Herry. 

Komentar