nusabali

Pertimbangan Memilih Gudang Pendingin untuk Bisnis

  • www.nusabali.com-pertimbangan-memilih-gudang-pendingin-untuk-bisnis

JAKARTA, NusaBali.com - Penggunaan gudang pendingin atau cold storage saat ini sudah diterapkan oleh berbagai sektor industri yang ada di Indonesia mulai dari industri farmasi, pertanian, perikanan, importir daging, pengolahan makanan dan berbagai bisnis yang lainnya.

Kebutuhan akan lemari pendingin dalam jumlah banyak membuat cold storage diminati oleh banyak perusahaan untuk menyimpan berbagai produk mereka agar tetap awet dalam jangka waktu yang lama. 

Fungsi dari cold storage sendiri sebenarnya yaitu sebagai tempat penyimpanan produk baik itu makanan, minuman kemasan yang membutuhkan penyimpanan pada suhu rendah, sayur-sayuran, daging, ikan, frozen food dan sebagainya. Cold storage memiliki dua jenis yaitu cold storage freezer dan cold storage chiller. Masing-masing memiliki suhu serta kegunaan tersendiri. 

Apa itu Cold Storage? 

Cold storage merupakan ruangan pendingin yang didesain dengan suhu rendah dan biasanya dimaanfatkan sebagai gudang untuk menyimpan berbagai jenis produk supaya tetap segar dan awet. Itulah mengapa cold storage banyak dimanfaatkan oleh industry yang memproduksi berbagai makanan seperti daging, sayur ataupun makanan olahan yang lainnya. 

Cara kerjanya mirip dengan kulkas yaitu untuk membekukan makanan agar bisa tahan lama. Namun tidak seperti lemari pendingin yang ukurannya kecil, cold storage memiliki ukuran yang luas dan besar atau kecilnya dapat disesuaikan tergantung pada kebutuhan penggunanya. Demikian juga dengan tingkat pengaturan suhunya, temperature cold storage bisa diatur sedemikian rupa untuk memperpanjang daya tahan produk yang diletakkan di dalamnya. 

Pertimbangan Pemilihan Penggunaan Cold Storage 

Berikut ini beberapa pertimbangan memilih cold storage: 

1. Operasional yang Mudah Dikontrol 

Pembuatan cold storage bisa disesuaikan dengan produk yang harus disimpan sehingga dapat mempertahankan suhu dingin yang ideal. Dari segi sistem operasi cold storage sebaiknya menggunakan sistem yang mudah untuk dikontrol ataupun dioperasikan. Pembuatan cold storage sebaiknya membangun panel control modern dan fasilitas observasi denga layar besar sehingga aktivitas pemantauan bisa dilakukan dengan lebih mudah. 

2. Pengaturan Suhu 

Hal penting yang ada dalam sewa cold storage yaitu mempertahankan suhu ruangan supaya kualitas bahan makanan tetap terjaga dan terhindar dari suhu yang naik turun. Untuk itulah sangat penting memastikan sensor yang baik merespon kebutuhan suhu dengan akurat serta spesifik berdasarkan pada jenisnya. 

3. Menghemat Energi 

Dalam membuat cold storage sebaiknya harus memperhatikan penggunaan energi listrik. Cold storage modern dalam hal ini sudah dilengkapi dengan sensor bisa menentukan kapan produk yang ada di dalam ruangan berada pada suhu yang optimal. Menyampaikan informasi ke panel akan berjalan dengan otomatis ketika pintu dibuka serta ditutup. Ini akan membantu suhu dalam ruangan tetap bisa dipertahankan dan otomatis tetap menghemat energi listrik. 
 
Klasifikasi Gudang Pendingin di  Industri 


4. Mencegah Kecacatan Produk 

Cold storage yang baru akan dilengkapi dengan sensor sentuh pemasangan serta sinyal peringatan diaktifkan ketika masalah yang signifikan terdeteksi di dalam ruangan. Dengan teknologi tersebut, maka pendeteksian dan pencegahan cacat pada masa depan lewat informasi yang relevan. Informasi tersebut dikumpulkan kemudian diteruskan ke teknisi service cold storage sehingga dapat dilakukan perbaikan secara keseluruhan mulai dari desain hingga fungsi ruangan cold storage tersebut. 

5. Memantau Real Time 

Saat ini, teknologi cold storage terbaru mengarahkan pada inovasi yang lebih canggih dan memberikan kemudahan dalam memantau suhu secara real time. Dengan teknologi yang canggih ini maka sensor pengukur suhu di dalam kompartemen pendingin bisa merespon serta menyesuaikan suhu sesuai dengan kebutuhan pendinginan. 

6. Notifikasi Alarm 

Cold storage yang menggunakan metode control yang telah dipatenkan bisa mengontrol suhu dengan lebih akurat dan konsisten sehingga dapat diandalkan ketika proses pengujian waktu. Selain itu, dengan sistem yang canggih maka bisa memungkinkan pengendalian jarak jauh menggunakan PC serta memberikan notifikasi berupa alarm ketika peralatan ini bermasalah atau tidak berfungsi. Saat ini sudah banyak produsen cold storage yang mengutamakan desain serta teknologi sistem control. Sewa gudang pendingin tersebut dibuat untuk berbagai industry yang membutuhan ruangan pendingin sehingga dapat menjaga standar mutu bahan makanan yang tersimpan di dalamnya. 

7. Secondary Door 

Pintu secondary yang ada pada cold storage sangat penting untuk mempermudah mobilitas pekerja. Untuk pekerja perusahaan yang mobilitasnya tinggi untuk pengambilan produk maka secondary door bisa membantu mempertahankan suhu udara di dalam cold storage. Secondary door biasanya menggunakan PVC strip curtain yang lebih menghemat energi dan efisien. Penggunaan PVC strip curtain bisa menjaga suhu ruangan ketika pintu utama dibuka serta mencegah debu ataupun serangga agar tidak masuk ke dalam cold storage. 


FAQ 

Apa keuntungan penggunaan cold storage? 
-Keuntungan utama dari menyewa cold storage yaitu dapat digunakan dimana saja tanpa ada masalah. Jika cold storage digunakan untuk tujuan bisnis maka sebaiknya diletakkan di luar ruangan dapur atau dimana saja asalkan ada ruangan yang cukup. 

Apa saja hal yang harus diperhatikan dalam menjamin efektivitas dari cold storage? 
-Produk yang disimpan memiliki nilai ekonomis, harus disimpan setelah dilakukan pemanenan, prod yang sensitive pada suhu, produk yang memiliki kelembaban relatif, produk yang sensitive. 

*)Konten ini ditulis oleh Core Freelancers, penyedia jasa SEO untuk bisnis anda.

Komentar