nusabali

Nyepi di Nusa Penida Tanpa Listrik

  • www.nusabali.com-nyepi-di-nusa-penida-tanpa-listrik

SEMARAPURA, NusaBali
Pelaksanaan Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1944, Kamis (3/3), di Kecamatan Nusa Penida, Klungkung,  sehari penuh tanpa listrik, internet, dan tanpa pelayanan PDAM.

Kondisi ini berlangsung sejak ada pembangkit listrik di Nusa Penida tahun 1990an.  Pelayanan PDAM juga terhenti karena pompa PDAM digerakkan dengan listrik. Camat Nusa Penida Komang Widyasa Putra mengatakan pelaksanaan Nyepi di Kecamatan Nusa Penida, sejak dulu memang tidak menggunakan listrik atau listrik dipadamkan saat Nyepi. Begitu pula Nyepi tahun ini listrik juga dipadamkan sesuai hasil rapat dengan para bendesa se-Kecamatan Nusa Penida, beberapa waktu lalu. "Berdasarkan rapat tersebut pemadaman listrik dilakukan mulai pukul 08.00 Wita (3 Maret 2022) sampai keesokan harinya pukul 04.00 Wita)," ujar Widyasa, Selasa (1/3).

Pemadaman listrik ini akan berpengaruh pada layanan lain seperti PDAM, lampu penerangan jalan, dan lainnya. Terkait pemadaman listrik khusus di Nusa Penida memang dari dulu kondisi sudah sperti itu. Namun, khusus layanan kesehatan sudah diantisipasi dengan penggunaan mesin genset selama listrik dipadamkan. "Semoga pelaksanaan Nyepi berlangsung khidmat," kata Widyasa.

Sementara itu, pelayanan kesehatan di RSUD Klungkung tetap berjalan saat Nyepi. RS ini menyiagakan tenaga medis spesialis jaga 15 orang, dokter umum, perawat, bidan dan tenaga pendukung sebanyak 171 org dan 26 orang manajemen. "Total ada 212 tenaga yang stand by saat hari Nyepi," ujar Dirut RSUD Klungkung, dr I Nyoman Kesuma. *wan

Komentar