nusabali

Dinding Penahan Tanah di Batur Tengah Ambrol

  • www.nusabali.com-dinding-penahan-tanah-di-batur-tengah-ambrol

BANGLI, NusaBali
Digempur hujan deras terus-menerus, akhirnya dinding penahan tanah (DPT) di ruas jalan Bangli-Singaraja tepatnya di Desa Batur Tengah Kecamatan Kintamani ambrol, Sabtu (26/2).

Sebagai langkah antisipasi terjadi hal yang tidak diinginkan, petugas telah memasang rambu di lokasi longsor dan menutup DPT menggunakan terpal.

Tanda-tanda bakal ambrolnya DPT sudah terasa sejak terjadi penurunan pada bahu jalan dekat DPT. "Terjadi penurunan struktur tanah, dan air masuk ke rongga DPT sehingga DPT ambrol,” ungkap Gde Sumardiasa, salah seorang warga yang tinggal dekat lokasi DPT yang ambrol, Senin (28/2).

Menurut Gde Sumardiasa karena terjadi penurunan sempat dilakukan pengurukan oleh warga dan rencananya  setelah diurug akan dibeton. Namun sebelum dilakukan pembetonan tiba-tiba turun hujan dan akhirnya DPT yang baru dibangun tahun lalu ambrol.  “Material  pasir dan semen untuk pembetonan sebenarnya sudah tersedia tapi keburu hujan dan sudah ambrol,” ungkapnya.

Panjang DPT yang ambrol sekitar 11 meter dengan ketinggian 6 meter. Sementara pasca kejadian petugas telah melakukan pengecekan. Guna mencegah kerusakan lebih parah lagi, di lokasi DPT yang ambrol telah dipasang tanggul menggunakan karung pasir dan dipasangi terpal.

Pihaknya berharap pemerintah segera melakukan penanganan karena akses jalan merupakan jalur pariwisata. Tidak hanya itu pihaknya berharap nanti agar dibuatkan saluran air karena sejauh ini ruas jalan belum dilengkapi saluran air. Bila terjadi hujan lebat rumah yang ada di bawah  tergenang air.

Dikonfirmasi terpisah, Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman Bangli, I Wayan Lega Suprapto mengatakan DPT yang ambrol tersebut ada di ruas jalan provinsi, sehingga untuk perbaikan jadi tanggung jawab Dinas PU Provinsi Bali.

Pihaknya sudah mengkoordinasikan hal tersebut  ke Dinas PU Provinsi. "Sepertinya petugas sudah sempat turun dan mengecek ke lokasi," jelasnya singkat. *esa

Komentar