nusabali

Poros Prabowo-Puan Deklarasi di Bali

  • www.nusabali.com-poros-prabowo-puan-deklarasi-di-bali
  • www.nusabali.com-poros-prabowo-puan-deklarasi-di-bali
  • www.nusabali.com-poros-prabowo-puan-deklarasi-di-bali

DENPASAR, NusaBali.com –  Duet Prabowo Subianto dan Puan Maharani dalam Pilpres 2024 dimunculkan di Bali lewat Deklarasi ‘Poros Prabowo-Puan’ di Sanur, Denpasar, Rabu (23/2) sore.

Secara nasional, Poros Prabowo-Puan dipimpin oleh Dewan Presidium Pusat Andrianto. Sedangkan di Bali dikomandani Presidium Wilayah Ida Bagus Made Surya Cakrabawa. 

Prabowo Subianto adalah Ketua Umum DPP Gerindra sekaligus Menteri Pertahanan di Kabinet Indonesia Maju. Prabowo sudah pernah nyapres pada Pileg 2014 dan Pilpres 2019. Sementara Puan Maharani adalah Ketua DPR RI yang kader senior PDIP, sekaligus putri Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri. 

Andrianto di sela-sela deklarasi yang dilangsungkan di The Hub Restoran Sanur mengatakan banyak yang meragukan kemunculan pasangan Prabowo-Puan pada Pilpres 2024. Namun dipastikan hasil deklarasi Poros Prabowo-Puan di Bali akan diusulkan ke PDIP dan Gerindra serta partai koalisi. 

Andrianto menilai Prabowo-Puan bisa menyelesaikan masalah-masalah bangsa hingga menjadikan Indonesia negara mandiri, secara internasional tidak ada terlibat blok barat dan blok timur. Prabowo tokoh militer, sementara Puan Maharani tokoh nasionalis. "Prabowo kekuatan militer, Puan Maharani tokoh nasionalis. Paslon yang pas didukung oleh koalisi, sehingga Indonesia bisa maju," jelas Andrianto.

Andrianto menyebutkan Poros Prabowo-Puan secara nasional sudah dideklarasikan di Banten dan Bali. Bahkan kepengurusan di Bali sudah menyebar di 9 kabupaten/kota. "Kami akan terus bergerak ke seluruh Indonesia, membumikan Prabowo-Puan," kata  Andrianto.

Presidium Poros Prabowo-Puan Provinsi Bali, Gus Cakrabawa, juga menampik jika pasangan ini sulit terwujud. Pasalnya, kata Gus Cakrabawa, ada alur demokrasi, politik dan sosial yang akan mewujudkannya. "Ayo tunjukan pasangan Prabowo-Puan bisa terwujud dengan memberikan doa dan dukungan dari Bali," ujar Gus Cakrabawa saat Deklarasi Poros Prabowo-Puan.

Gus Cakrabawa menilai Prabowo sejak awal dikenal sebagai tokoh nasional yang sudah kawakan. Memiliki jaringan internasional yang luas. Apalagi, dengan posisi sebagai Menteri Pertahanan RI, Prabowo memiliki pengalaman internasional luar biasa. "Waktu dan tenaga sudah banyak beliau habiskan, sudah banyak yang dikerjakan untuk negara ini. Diplomasi seorang Prabowo sangat kuat dan sekarang menjadi Menteri Pertahanan. Diplomasi sama negara luar sudah jangan diomongin," ujar pria asal Desa Dencarik, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng ini.

Sebaliknya sosok Puan Maharani, menurut Gus Cakrabawa, adalah sosok politisi perempuan dan tokoh nasional yang sudah memiliki kekuatan 3 pilar. Pertama, Puan sebagai tokoh PDIP, kedua sebagai Ketua DPR RI dan ketiga sebagai sosok  perempuan dan tokoh nasionalis, yang bisa menarik simpati masyarakat secara luas. "Kolaborasi nasionalisme, dan militer ini kuat. Saya rasa, siapapun masyarakat bisa mendeklarasikan pasangan capres ini, tidak hanya partai politik saja. Semua komponen bisa deklarasi buat Prabowo-Puan. Semoga pasangan Prabowo Puan ini terwujud," harap Gus Cakrabawa. *nat

Komentar