nusabali

Sehari Enam Pohon Bertumbangan di Karangasem

  • www.nusabali.com-sehari-enam-pohon-bertumbangan-di-karangasem

AMLAPURA, NusaBali
TRC (Tim Reaksi Cepat) BPBD Karangasem menangani enam pohon tumbang pada enam lokasi berbeda sepanjang Selasa (22/2).

Pohon-pohon  ini menimpa atap bangunan hingga ada yang menghalangi akses jalan. Beruntung kejadian alam ini tak menyebabkan korban jiwa.

Pertama, pohon albesia dengan panjang 15 meter dan diameter 40 cm tumbang dan menghambat akses jalan kabupaten di Banjar Umanyar, Desa Ababi, Kecamatan Abang, pukul 09.00 Wita. Sebanyak lima petugas BPBD Karangasem dikoordinasikan Kepala Pelaksana Ida Bagus Ketut Arimbawa langsung melakukan penanganan.

Walaupun pohon albesia itu hanya miring ke jalan, tetapi jika dibiarkan membahayakan pengguna jalan raya. Bagian pangkal pohon kemudian ditebang, sehingga pohon tumbang ke jalan, dan selanjutnya dilakukan pemotongan menjadi beberapa bagian menggunakan dua chainsaw.

Kejadian lain menimpa bangunan  toko milik I Made Kerti, di Banjar Tibulaka, Desa Bukit, Kecamatan Karangasem. Bagian atapnya rusak dengan beberapa genteng jatuh berserakan setelah  tertimpa pohon kelapa setinggi 20 meter dan diameter 30 cm.

Selanjutnya pohon ental dengan ketinggian 20 meter dan diameter 25 cm juga  tumbang ke jalan raya di Banjar/Desa Datah, Kecamatan Abang, Karangasem.

Penanganan lainnya dilakukan petugas BPBD, pohon jati mas menimpa atap rumah milik I Kadek Bingin, di Banjar Mekarsari, Desa Labasari, Kecamatan Abang, menyebabkan kerusakan di bagian atap.

Pohon kelapa yang tumbang juga menimpa bangunan semi permanen di Banjar Tengah, Desa Selumbung, Kecamatan Manggis, milik I Wayan Sumerta, 60, hingga menyebabkan kerusakan di bagian atap.

Dan terakhir, pohon jati tumbang menimpa tiang kabel listrik di Banjar Mekarsari, Desa Labasari, Kecamatan Abang dan menimpa akses jalan menuju Setra Desa Adat Culik, Banjar Seloni, Desa Culik, Kecamatan Abang.

"Semua bencana pohon tumbang telah tertangani secara bersama-sama, karena kami telah berbagi tugas. Kebetulan ada banyak chainsaw, semua petugas ke lapangan berbekal chainsaw," kata Ida Bagus Ketut Arimbawa.

Ida Bagus Ketut Arimbawa tetap mengimbau, agar warga selalu waspada di setiap hujan turun. "Setiap hujan lebat, sering menimbulkan pohon tumbang, syukurnya kali ini tanpa disertai tanah longsor," katanya. *k16

Komentar