nusabali

Pemkab Datangkan Pejabat MAPPI

Rencana Tukar Aset Pemkab di Ceningan, Klungkung

  • www.nusabali.com-pemkab-datangkan-pejabat-mappi

SEMARAPURA, NusaBali
Pemkab Klungkung menghadirkan Dewan Pengurus Daerah Masyarakat Profesi Penilai Indonesia (DPD MAPPI) Bali - Nusa Tenggara.

Lembaga ini memberikan sosialisasi mengenai rencana pembangunan jalan menuju jembatan Nusa Ceningan - Nusa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida.

Rencaan itu akan diwujudkan dengan menukar tanah aset Pemkab Klungkung dengan tanah milik masyarakat setempat. Sosialisasi digelar di ruang rapat Praja Mandala, Kantor Bupati Klungkung, Selasa (22/2), dihadiri Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra, Ketua DPD MAPPI Bali - Nusa Tenggara Asrid Flora Pahliana, dan lainnya.

Ketua DPD MAPPI Bali - Nusa Tenggara Asrid Flora Pahliana menyampaikan apabila Pemkab Klungkung ingin mengadakan tukar kepemilikan aset tanah milik Pemkab dengan masyarakat, harus pula memperhatikan peruntukan. Selanjutnya, MAPPI dalam menilai akan mengacu pada nilai, bukan pada kuantitas tanah. "Misalnya, apabila tanah yang digunakan bernilai Rp 1 juta, maka tanah yang akan ditukarkan juga harus bernilai Rp 1 juta juga," kata Pahliana.

Selain itu, MAPPI juga meminta Pemkab mempersiapkan beberapa dokumen dalam mewujudkan hal tersebut, yakni dokumen perencanaan, SK penetapan lokasi dan melampirkan dokumen mengenai data nominatif. "Data nominatif tersebut berisi perihal benda yang berada di atas tanah," kata Pahliana.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengharapkan agar melalui sosialisasi ini dapat memperlancar rencana Pemkab Klungkung dalam membangun jalan menuju jembatan penghubung Ceningan - Lembongan.

Untuk diketahui, Pembangunan Pelabuhan Bias Munjul di Nusa Ceningan sudah dimulai, namun pulau ini belum memiliki jalan yang representatif. Selain itu, akses jalan menuju jembatan itu juga belum final karena masalah aset tanah.*wan

Komentar