nusabali

Bupati Suwirta Minta Petakan Potensi dan Masalah

Buka Musrenbang di Kecamatan Dawan

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-minta-petakan-potensi-dan-masalah

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Dawan, melalui video conference dengan zoom meeting, di Kantor Bupati Klungkung, Senin (21/2).

Bupati menekankan kepada pejabat dan pihak terkait memetakan potensi dan permesalahan wilayah. Musrenbang diikuti para anggota DPRD Dapil Dawan, Kapala Bapperlitbang Klungkung Anak Agung Lesmana, Camat Dawan I Dewa Widiantara, dan jajaran OPD.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menampung usulan-usulan dari desa untuk diajukan ke kabupaten, lanjut dimasukan dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun Anggaran 2023.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengatakan musrenbang ini merupakan wadah untuk merumuskan program dan usulan di Kecamatan Dawan. Usulan ini agar berimbas bagi kesejahteraan masyarakat dan berjalan sesuai harapan. "Tolong dipetakan semuanya potensi-potensi yang ada di desa yang berimbas kepada kesejahteraan masyarakat. Apapun itu bentuk-bentuk usulannya, yang diusulkan itu adalah menggali potensi dan penanganan masalah," ujar Bupati Suwirta.

Bupati asal Dusun Ceningan, Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida ini, juga meminta semua desa harus bersinergi membuat perencanaan antar desa, tidak bisa berdiri sendiri, sehingga semua perencanaan akan menjadi satu kesatuan. "Potensi dan masalah jangan diukur dari kepentingan, melainkan dari kebutuhan. Seberapa jauh kita bisa mengukur dan memetakan potensi dan masalah di desa yang benar-benar berdasarkan kebutuhan untuk mensejahterahkan masyarakat," pesan Bupati Suwirta

Lebih lanjut dijelaskan, semua usulan ini akan disesuaikan dengan kondisi kabupaten dan akan dikaji ulang oleh Bapperlitbang. "Usulan yang lengkap dengan perencanaan maka akan menjadi prioritas dan dipetakan kembali," imbuhnya.

Camat Dawan I Dewa Widiantara mengatakan kegiatan musrenbang ini dilaksanakan dalam rangka RKPD Tahun Anggaran 2023. RKPD meliputi rincian kerja Pemerintah Kecamatan Dawan dari semua usulan-usulan yang diajukan oleh desa dan program kerja kecamatan. *wan

Komentar