nusabali

Persembahyangan Usaba Dalem di Desa Adat Duda Bergilir

  • www.nusabali.com-persembahyangan-usaba-dalem-di-desa-adat-duda-bergilir

AMLAPURA, NusaBali
Krama Desa Adat Duda, Kecamatan Selat, Karangasem, menyiapkan Usaba Dalem atau Usaba Dodol.

Dalam upacara ini, prajuru adat memastikan  persembahyangan  umat diatur dengan bergilir agar tidak menimbulkan kerumunan. Karena kasus Covid-19 di Kecamatan Selat, kian mengganas.

Nantinya tiap banjar adat dapat jadwal bergilir, yang lainnya wajib antri. Bendesa Adat Duda I Komang Sujana menegaskan hal itu di Banjar/Desa Adat Duda, Kecamatan Selat, Karangasem, Jumat (11/2). "Dari 27 banjar adat se-Desa Adat Duda, semuanya dapat jadwal untuk muspa di Pura Dalem, begitu juga yang naur sasangi (berkaul), persembahyangannya diatur," katanya.

Di samping itu, kata Sujana, setiap pamedek wajib menaati protokol kesehatan, pakai masker dan sebelum memasuki jeroan pura, wajib cuci tangan. Hal itu dilakukan agar tidak menimbulkan klaster baru Usaba Dalem. Puncak Usaba Dalem di Banjar Adat Swasta Karya, Desa Adat Duda, Tilem Kasanga, Buda Paing Wayang, Rabu (2/3).

Apalagi, jelas dia, penyebaran Omicron sangat cepat dan tanpa gejala. Sebanyak 27 banjar adat yang diatur persembahyangannya yakni Abian Canang Kaja, Abian Canang Kelod, Alastunggal, Batu Gede, Darma Karya, Bencingah, Janglap, Juwuklegi, Kerta Sari, Ketket, Lila, Limo, Pegubugan, Pesangkan Duuran, Pesangkan Gede, Pesangkan Kangin, Pesangkan Kawan, Jangu, Swasta Karya, Taman Bali, Tegal Anyar, Tegal Let, Tengah, Wates Kaja, Wates Tengah, Wates Kangin, dan Yadnya Karya.

Jika persembahyangan sedang berlangsung, maka pamedek berikutnya antre di jaba tengah. Jika di jaba tengah telah penuh, maka antre di jaba sisi, begitu juga jika di jaba sisi penuh maka wajib antre di parkir. Semuanya diatur pecalang agar tertib.

Bahkan saat perayaan Usaba Dalem tahun 2021, digelar tiga hari dan pamedek diatur secara ketat, sehingga tidak menimbulkan klaster. Kali ini lebih ketat lagi.

Untuk diketahui Usaba Dalem ini bukan saja terpusat di Pura Dalem Desa Adat Duda, juga ada di Pura Dalem Banjar Adat Pegubugan, yang juga masuk wilayah Desa Adat Duda, Pura Dalem Desa Adat Geriana Kangin, Pura Dalem Desa Adat Geriana Kauh, Pura Dalem Desa Adat Perangsari di Desa Duda Utara, Kecamatan Selat, Pura Dalem Desa Adat Sibetan di Kecamatan Bebandem, Pura Dalem Desa Adat Putung di Desa Duda Timur, Kecamatan Selat.

Komang Sujana mengingatkan pada puncak Usaba Dalem, ada  tradisi seluruh krama datang membawa banten sokan. Saat itu juga diatur biar tidak datang bersamaan.

Koordinator Kesehatan Satgas GTPP (Gugus Tugas Percepatan Penanganan) Covid-19 Kecamatan Selat dr I Gusti Lanang Udiyana mengaku belum dapat pemberitahuan dari Bendesa Adat Duda. "Kami belum dapat pemberitahuan mengenai adanya pengaturan pamedek, kami setuju pamedek diatur, agar tidak terjadi lonjakan kasus Covid-19 di Kecamatan Selat," katanya.*k16

Komentar