nusabali

Lantik 220 PNS, Bupati Tamba Minta Terus Belajar

  • www.nusabali.com-lantik-220-pns-bupati-tamba-minta-terus-belajar

NEGARA, NusaBali
220 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemkab Jembrana resmi dilantik dan diambil sumpah sebagai PNS di Aula Jimbarwana, Pemkab Jembrana, Kamis (17/2).

Dalam kesempatan itu, Bupati Jembrana I Nengah Tamba berpesan agar mereka selalu memompa diri dengan terus belajar. Pelantikan di tengah suasana pandemi Covid-19 itu, dilakukan secara hybrid  dengan menyebar peserta pelantikan di 6 lokasi. Peserta yang dihadirkan langsung mengikuti di Aula Jimbarwana Pemkab Jembrana berjumlah 21 orang. Kemudian yang mengikuti pelantikan secara daring, di antaranya terbesar di Kantor Camat Mendoyo 35 orang, Kantor Camat Negara sebanyak 30 orang, Kantor Camat Jembrana sebanyak 30 orang, Ruang Rapat Gedung Kesenian Dr Ir Soekarno 50 orang, dan di RSU Negara 54 orang.

Dalam acara pelantikan di Aula Jimbarwana Pemkab Jembana, turut hadir Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna serta Ketua DPRD Jembrana Ni Made Sri Sutharmi, Sekda Jembrana I Made Budiasa. Begitu juga dihadirkan Inspektur pada Inspektorat Jembrana Ni Wayan Koriani dan sejumlah Kepala OPD Pemkab Jembrana.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Jembrana Siluh Ketut Natalis Semaradani mengatakan, para CPNS yang dilantik dan diambil sumpah sebagai PNS ini, sebelumnya telah menjalani masa percobaan selama satu tahun. Dari 220 orang PNS anyar itu, sebanyak 219 orang merupakan mantan CPNS dari hasil rekrutmen formasi CPNS umum tahun 2019, dan 1 orang merupakan mantan CPNS lulusan Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN). Sebagain besar PNS anyar itu pun merupakan tenaga guru dan tenaga kesehatan sesuai dengan formasi CPNS umum tahun 2019 lalu.

Usai melantik para PNS anyar itu, Bupati Tamba mengatakan, sumpah atau janji PNS merupakan salah satu bentuk pembinaan dalam manajemen kepegawaian. Apa yang telah diucapkan para PNS itu diharapkan benar-benar dijadikan pegangan dalam betugas sebagai abdi negara. "Setiap CPNS ketika diangkat menjadi PNS wajib mengucapkan sumpah/janji pada saat dilantik oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK). Itu (sumpah/janji) agar dijalankan dengan sebaik-baiknya," ujar Bupati Tamba.

Menurut Bupati Tamba, pelantikan dan pengambilan sumpah sebagai PNS ini, merupakan awal dalam meniti karier ke depan sesuai dengan bidang tugas masing-masing. Untuk itu, dirinya pun berharap agar para PNS yang baru dilantik untuk memanfaatkan kesempatan itu dengan sebaik-baiknya. "Agar terus memompa diri dengan cara belajar, dan terus belajar. Termasuk menunjukkan kemampuan, dedikasi, loyalitas, dan tanggung jawab dalam melaksanakan tugas-tugas kedinasan. Kinerja mereka akan selalu dipantau oleh atasan dan pimpinan sebagai bahan pertimbangan yang menentukan karier mereka ke depan," ujar Bupati asal Desa Kaliakah, Kecamatan Negara ini.*ode

Komentar