nusabali

Terminal Mengwi Jadi Titik Keberangkatan dan Kedatangan AKDP

  • www.nusabali.com-terminal-mengwi-jadi-titik-keberangkatan-dan-kedatangan-akdp

MANGUPURA, NusaBali
Terminal Tipe A Mengwi di Kecamatan Mengwi, Badung, ditetapkan sebagai titik keberangkatan maupun kedatangan kendaraan Angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP).

Dengan demikian, kini armada AKDP harus menurunkan penumpang ke Terminal Mengwi, tidak lagi ke Terminal Ubung Denpasar. “Jadi sistem transportasi darat akan kita ubah, dengan menetapkan Terminal Mengwi sebagai titik keberangkatan. Jadi tidak ada lagi yang menurunkan penumpang di Terminal Ubung. Bahkan penumpang yang ke Denpasar dari Terminal Mengwi kini sudah dilayani oleh bus Trans Sarbagita,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepala Dinas Perhubungan Bali, IGW Samsi Gunarta saat melaunching kendaraan AKDP dari Terminal Mengwi, pada Kamis (10/2).

Samsi Gunarta meminta kepada Organisasi Angkutan Darat (Organda) agar tertib berlalulintas, sehingga saat terjadi sesuatu hal tidak bertentangan dengan peraturan lalulintas yang ada. “Sebenarnya hari ini kita masih lakukan pendataan dulu, siapa yang akan beroperasi di sini. Nanti pihak terminal akan melakukan ploting time dan juga mempersiapkan jalurnya,” ungkapnya.

Masih menurut Samsi Gunarta, berkomitmen ingin mengembalikan masa kejayaan transportasi. Dulu, bus AKDP berjaya di Bali sebelum ada banyaknya kendaraan. Kendati demikian. pihaknya kini ingin benar-benar bisa berjalan kembali dengan fasilitas yang sudah disiapkan. “Dulu AKDP jaya sekali di Bali. Namun karena perubahan, kini semakin surut. Kami ingin mengembalikan masa kejayaan transportasi. Dengan kebijakan ini, kami harap mampu memperbaiki tatanan, yang akhirnya mengurangi sifat-sifat yang ilegal,” tegasnya.

Pihaknya juga menyiapkan jangka panjangnya, mengingat perlu adanya kerja sama dengan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), sehingga setelah penumpang turun dari bus AKAP bisa langsung memanfaatkan bus AKDP. “Jadi kita juga siapkan jangka panjangnya. Apa yang harus kita lakukan untuk ke depan, termasuk nanti jika ada peremajaan. Karena kita perlu duduk bersama-sama mencari jalan keluar terkait masalah ini,” imbuhnya.

Pelaksanaan launching tersebut turut dihadiri Kepala Pengelola Transportasi Darat Wilayah XII Provinsi Bali dan NTB Muiz Thohir, Dirlantas Polda Bali Kombes Pol Prianto SIK MSi, Kapolres Badung Kapolres Badung AKBP Leo Dedy Defretes SIK SH MH, Kepala Terminal Mengwi Achmad Erwin Rahadi SH, Kadis Perhubungan Badung AA Ngurah Rai Yuda Dharma, dan beberapa perwakilan Organda. *ind

Komentar