nusabali

Pohon Perindang Timpa LPJ Penjor

  • www.nusabali.com-pohon-perindang-timpa-lpj-penjor

Petugas harus berhati-hati karena ada dahan pohon nyangkut di lampu hias.

GIANYAR, NusaBali

Pohon perindang jalan jenis Flamboyan di Jalan Raya Bitera, Kelurahan Bitera, Kecamatan Gianyar, tumbang Kamis (10/2). Pohon yang diduga lapuk di bagian batang tersebut menimpa lampu penerangan jalan (LPJ) hias jenis penjor hingga bola lampu itu pecah.

Informasi di lokasi, pohon lapuk itu tumbang diketahui Kamis pagi pukul 07.41 Wita. Posisi pohon sudah miring menimpa lampu penerangan jalan yang menghiasi kota. Pohon tinggi kurang lebih 12 meter dengan diameter kurang lebih 30 centimeter. Laporan langsung ditindaklanjuti oleh petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gianyar dengan terjun ke lokasi. Untuk memangkas pohon, petugas harus berhati-hati karena ada dahan pohon nyangkut di lampu hias.

Satu petugas pun naik ke tiang lampu hias untuk memegangi dahan. Petugas lainnya memotong menggunakan gergaji mesin. Pada pukul 08.07 Wita, pohon tumbang sudah dapat dibersihkan.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Gianyar  Gusti Ngurah Dibya Presasta membenarkan penanganan pohon tumbang tersebut. Setelah pohon dipangkas, ternyata batang pohon busuk di dalam. Dibya mengakui banyak ditemukan pohon busuk. “Betul. Dinas terkait agar lebih intens melakukan pemantauan terhadap pohon perindang. Terlebih mencirikan lapuk,” harapnya.*nvi

Komentar