nusabali

Dinas Sosial Bangli Punya Stok 674 Paket Sembako

  • www.nusabali.com-dinas-sosial-bangli-punya-stok-674-paket-sembako

BANGLI, NusaBali
Dinas Sosial Bangli memberikan paket sembako bagi warga yang menjalani isolasi akibat terpapar Covid-19.

Dinas Sosial masih punya 674 paket sembako. Jika kasus bertambah, Dinas Sosial kembali melakukan pengadaan sembako. Kabid Perlindungan Jaminan Sosial Dinas Sosial Bangli, I Nengah Kekeran Adiarsa mengatakan, hingga akhir Desember 2021 paket sembako yang masih tersedia sebanyak 789 paket. Dari 789 paket telah didistribusikan sebanyak 115 paket sehingga masih tersisa 674 paket sembako.

Di awal tahun ini belum ada pengadaan paket sembako. “Paket yang tersedia agar tersalurkan dulu, jangan sampai menumpuk. Karena ini makanan tentu ada kedaluwarsanya,” jelas Nengah Kekeran, Selasa (8/2). Nengah Kekeran menegaskan, pengadaan paket sembako melihat perkembangan kasus. Dinas Sosial Bangli mendistribusikan paket sembako berdasarkan surat rekomendasi dari Dinas Kesehatan. Paket sembako disalurkan melalui pemerintahan desa. Selanjutnya pegawai desa menyerahkan kepada warga yang menjalani isoter. “Kami serahkan ke kantor desa, Satgas Desa mengantar ke lokasi isoter,” jelas Nengah Kekeran.

Kabid asal Kintamani ini mengatakan, ketika persediaan sembako menipis maka kembali melakukan pengadaan. Ada perhitungan atau estimasi paket sembako yang disalurkan per harinya. “Kalau persediaan sudah mencapai 200 paket, kami ajukan pengamprahan. Tidak menunggu sampai habis total,” jelas Nengah Kekeran. Paket sembako diantar ke seluruh kecamatan. Begitu surat dari Dinas Kesehatan tiba, maka Dinas Sosial menyiapkan paket sembako berisi beras, minyak goreng, mie instan, kopi, dan gula. Keesokan harinya langsung didistribusikan.

Nengah Kekeran mengaku terkendala armada dan personel untuk menyalurkan paket sembako. Belum lagi jarak tempuh dari satu desa ke desa lainnya cukup jauh sehingga ada desa yang sore hari baru menerima paket sembako. “Kadang saat kami tiba, kantor desa sudah tutup. Kami harus menghubungi pegawai desa agar bisa menerima paket sembako tersebut,” ujar Nengah Kekeran. Dinas Sosial mengupayakan dalam sehari pendistribusian tuntas karena esok hari akan ada pengiriman ke lokasi lain. *esa

Komentar