nusabali

‘Bangkit Melalui Seni’ dalam Artspirasi 7

  • www.nusabali.com-bangkit-melalui-seni-dalam-artspirasi-7

DENPASAR, NusaBali.com
Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Teknik Komputer (STIKI) Indonesia kembali menggelar Artspirasi untuk yang ketujuh kalinya.

Artspirasi kali ini mengangkat tema "Bangkit Melalui Seni". Ketua panitia Artspirasi 7, Ketut Kaywa Putra menjelaskan Artspirasi 7 diselenggarakan untuk mewadahi dan mengapresiasi kreatifitas anak muda ditengah pandemi seperti saat ini.

"Acara kali ini diharapkan mampu memberikan inspirasi dan meningkatkan kreatifitas, kualitas dan keberanian genenerasi muda dalam berkarya di bidang seni multimedia," ujarnya, Senin (7/2/2022).

Artspirasi 7 tahun ini  diadakan  oleh tiga bidang Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), yaitu SPC (STIKI Photography Community), Lingfil (Lingkaran Film) dan UKM Gradasi (Graphic and Multimedia STIKI). Mengingat Artspirasi tahun ini diadakan pada masa pandemi maka seluruh rangkaian acara tetap mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah.

"Artspirasi sendiri berasal dari dua kata yaitu 'Art' yang berarti seni dan 'Spirasi' yang berasal dari kata 'Inspirasi'. Jadi kegiatan ini diadakan untuk menjadi wadah penyaluran seni dan inspirasi generasi muda di bidang videografi, desain grafis dan fotografi, " sambung mahasiswa asal Denpasar ini.

Pada acara ini dilangsungkan beberapa kegiatan yaitu lomba ilustrasi, pameran, serta webinar. Sejumlah webinar yang dihadirkan antara lain webinar “everyone can be content creator” oleh UKM Lingkaran Film (Lingfil) pada senin 7 februari 2022  yang akan membahas tentang tips untuk menjadi content creator dengan Yudist Ardhana sebagai pembicaranya.

Kemudian dilanjutkan webinar “The Art of Lnadscape Photography” yang diadakan oleh STIKI Photography Community (SPC) dengan I Nyoman Suantara  sebagai pembicara yang akan menunjukkan bahwa fotografi memiliki dunia yang lebih luas. Ada juga webinar Metode Ilustrasi yang digelar oleh UKM Gradasi bertajuk “Create Your Hero, Through Illustration” pada 9 Februari 2022. Turut digelar lomba ilustrasi dengan tema " Rise With No Limits " yang berarti “Bangkit Tanpa Batas”.

Artspirasi ketujuh ini juga mewadahi anak-anak muda di Bali untuk memamerkan karya dalam bentuk foto, ilustrasi/poster dan prakarya (keterampilan atau kerajinan) yang bertemakan "Bangkit Melalui Seni". Puncak acara dari Artspirasi 7 ini  digelar penutupan yang diisi dengan pengumuman juara lomba Ilustrasi dan dimeriahkan dengan penampilan Dance, Teater STIKI, dan UKM Musik. *

Komentar