nusabali

Dinas PMD Bangli Target Tuntaskan Badan Hukum BUMDes

  • www.nusabali.com-dinas-pmd-bangli-target-tuntaskan-badan-hukum-bumdes

BANGLI, NusaBali
Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Bangli targetkan selama dua tahun seluruh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Bangli berbadan hukum.

Kadis PMD Bangli, Dewa Agung Putu Purnama, mengungkapkan BUMDes yang telah berbadan hukum sebanyak 22 BUMDes dan 1 BUMDes Bersama. BUMDes ini kebanyakan bergerak di simpan pinjam dan bidang usaha sesuai potensi desa.

Dewa Purnama mengungkapkan, jumlah BUMDes di Kabupaten Bangli sebanyak 48 unit dan 4 BUMDes Bersama. BUMDes di Bangli sedang berproses untuk mengurus badan hukum. Mantan Camat Tembuku ini mengatakan, BUMDes berbadan hukum dapat lebih luas dalam pengembangan usaha. “BUMDes bisa bekerja sama dengan pihak lain dalam pengembangan usaha,” jelas Dewa Purnama, Selasa (8/2).

Mendukung BUMDes tetap eksis, Dinas PMD Bangli turut melakukan pengawasan selain dari badan pengawas internal. Monitoring Dinas PMD secara berkelanjutan. “Kami melakukan pengecekan ke masing-masing BUMDes. Dari pengecekan ada beberapa persoalan yang dihadapi dalam pengelolaan. Selain faktor internal juga ada faktor eksternal,” kata Dewa Purnama tanpa membeberkan masalah yang dihadapi BUMDes. *esa

Komentar