nusabali

Denpasar Kembali Diguyur 320.000 Liter Eco Enzyme

  • www.nusabali.com-denpasar-kembali-diguyur-320000-liter-eco-enzyme

DENPASAR, NusaBali.com - Untuk kedua kalinya dalam pekan ini Kota Denpasar diguyur cairan disinfektan alami eco enzyme. Komunitas Eco Enzyme Bali bersinergi dengan pemerintah Kota Denpasar kembali mencuci udara Kota Denpasar pada Selasa (8/2/2022).

Delapan truk tangki dari Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimta)  Kota Denpasar dengan kapasitas 40.000 liter, mengelilingi Kota Denpasar untuk mengurangi penularan Covid-19 yang makin meningkat.

Seperti diketahui pada Minggu (6/2/2022) kemarin, Kota Denpasar juga telah diguyur eco enzyme setelah Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara melepas  8 armada penyemprotan eco enzyme milik Dinas Perkimta  Kota Denpasar ke seluruh desa/kelurahan di Kota Denpasar.

Koordinator Eco Enzyme Bali, Weda Sugama, mengatakan Komunitas Eco Enzyme Bali sangat berkomitmen untuk mewujudkan Denpasar sehat. Relawan Eco Enzyme Bali, ujarnya,
sudah menyiapkan 1 ton cairan Eco Enzyme untuk melakukan penyemprotan udara Denpasar.

“Apabila diperlukan kami siap mendistribusikan Eco Enzyme ke Desa dan Kelurahan. Dengan penyemprotan eco enzyme secara rutin, maka udara Kota Denpasar akan semakin bersih dan sehat,” ujar Weda Sugama, di sela kegiatan.  

Sementara itu salah seorang Relawan Eco Enzyme Bali, Udi Prayudi, menjelaskan bahwa eco enzyme dibuat dari buah-buahan dan sayuran yang difermentasi selama 90 hari, sehingga sangat ramah lingkungan. Eco Enzyme juga sangat efektif untuk menghilangkan bau. 

“Kami sudah sering bekerja sama dengan lapisan masyarakat melakukan penyemprotan di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) untuk Mengurangi bau tidak sedap dan mengurangi potensi munculnya penyakit dari sampah,” kata Udi Parayudi. 

Dikatakan, eco enzyme juga bermanfaat mengurangi terbuangnya sampah organik ke TPS karena telah dimanfaatkan sebagai bahan dasar eco enzyme.”Ini juga mendukung program Pemerintah dalam mengelola sampah berbasis sumber,” sebut mantan anggota KPU Bali tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Kabid Pertamanan Dinas Perkimta Kota Denpasar, IA Widiana Sari,  menyambut baik adanya sinergi berbagai komponen masyarakat untuk bersama- sama mewujudkan Denpasar yang sehat. 

“Hari ini Pemerintah Kota Denpasar kembali bersinergi dengan Eco Enzyme Bali, komunitas peduli lingkungan. Kami sangat menyambut baik partisipasi warga masyarakat Kota Denpasar. Mari kita bersama-sama bergandengan tangan mewujudkan Denpasar yang sehat,” ujar Widiana Sari.

Komentar