nusabali

Buleleng Gagas Paket Wisata City Tour

  • www.nusabali.com-buleleng-gagas-paket-wisata-city-tour

SINGARAJA, NusaBali
Kendati dunia pariwisata masih terpuruk akibat pandemi Covid-19, Buleleng tetap berupaya mengembangkan sektor pariwisata.

Terbaru, Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng, tengah menggagas paket wisata City Tour. Konsep wisata kota ini dianggap potensial mengingat keberadaan sejumlah bangunan fasilitas umum yang layak dijadikan sebagai destinasi wisata dalam kota.

Kadis Pariwisata Buleleng, Gede Dody Sukma Otavia Askara mengatakan, pengembangan paket wsiata City Tour sejatinya sudah dicetuskan sejak lama. Bahkan, paket ini sejatinya sudah berjalan dan telah banyak dinikmati para wisatawan baik mancanegara, wisatawan nusantara, dan untuk kepentingan studi pelajar maupun mahasiswa.

Kini pihaknya mengembangkan kembali konsep wisata dalam kota tersebut. Paket wisata City Tour dianggap potensial karena di jantung Kota Singaraja terdapat sejumlah tempat atau bangunan fasilitas umum yang layak untuk dijadikan destinasi wisata dalam kota. Juga tempat-tempat yang memiliki nilai histori (sejarah) baik masa kerajaan maupun masa merebut kemerdekaan.

Dody Sukma mencontohkan, kawasan wisata yang layak dikembangkan menjadi paket City Tour adalah Ruang Terbuka Hijau Taman Bung Karno (RTH-TBK) di Lingkungan, Kelurahan/ Kecamatan Sukasada. Kawasan ini pun dirancang menjadi satu kawasan dengan bangunan cagar budaya kediaman Nyoman Rai Serimben di Lingkungan Bale Agung, Kelurahan Paket Agung, Kecamatan Buleleng.

Selain itu ada juga Masjid Agung Jami Singaraja, yang beririsan dengan masa kerajaan era Ki Anglurah Panji Sakti. Kemudian ada juga kawasan Eks Pelabuhan Buleleng, kawasan Puri, perpustakaan zaman Kolonial Belanda Gedong Kertya, dan masih banyak lagi kawasan wisata menarik lain yang memiliki nilai sejarah.

"Kami kembangkan lagi paket City Tour Kota Singaraja. Jika tidak ada hambatan, paket ini diluncurkan pada Maret 2022 bersamaan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Singaraja mendatang," ujar Dody Sukma yang juga mantan Kepala Dinas Kebudayaan ini, dikonfirmasi Minggu (6/2) siang.

Dody Sukma menambahkan, paket wisata City Tour ini akan ditawarkan dari kedatangan rombongan wisatawan domestik baik yang datang dari Bali Selatan. Selain itu, juga sedang dirancang stop over dari bus tersebut.

Pihaknya berharap, kehadiran paket wisata City Tour ini mampu membangkitkan kembali geliat dunia pariwisata yang telah lama mati suri. "Pada intinya City Tour Kota Singaraja ini diharapkan kedepannya membangkitkan geliat pariwisata, sehingga perekonomian bisa bergeliat lagi setelah terpuruk akibat pandemi Covid-19," tutup Dody Sukma.*mzk,k23

Komentar