nusabali

Zona Merah di Denpasar Bertambah Menjadi 30 Kelurahan/Desa

  • www.nusabali.com-zona-merah-di-denpasar-bertambah-menjadi-30-kelurahandesa

DENPASAR, NusaBali.com - Jumlah kasus positif Covid-19 di Kota Denpasar terus bertambah dalam beberapa hari terakhir. Pada Minggu (6/2/2022) jumlah pasien Covid-19 bertambah 588 orang, sejalan dengan bertambahnya jumlah kelurahan/desa yang masuk status zona merah (jumlah kasus positif lebih dari 40 orang).

Delapan kelurahan/desa yang resmi masuk zona merah per hari Minggu ini yakni, Dangin Puri Kelod, Dauh Puri Kauh, Kesiman Petilan, Padangsambian Kaja, Penatih, Sanur, Sanur Kauh, dan Sumerta Kauh. 

Dengan tambahan 8 kelurahan/desa tersebut maka jumlah wilayah yang menyandang zona merah menjadi genap 30 kelurahan/desa. Sementara ada 12 kelurahan/desa yang sudah masuk zona orange. 

Kelurahan Serangan yang sehari sebelumnya sempat masuk zona kuning, kembali menjadi satu-satunya wilayah yang masuk zona hijau dengan sembuhnya satu pasien Covid-19 sehingga saat kini hanya dua warga saja yang positif.

“Masyarakat diimbau selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan 5M, laksanakan pola hidup sehat, dan tetap waspada,” ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai, Minggu (6/2/2022). 

Menurut Dewa Rai meski kasus Covid-19 di Kota Denpasar terus mengalami peningkatan setiap harinya, belum ada skenario melakukan pembatasan kegiatan masyarakat secara masif.

Pembatasan masih terbatas dengan dilakukannya penutupan fasilitas umum seperti Lapangan Puputan Badung (I Gusti Ngurah Made Agung), Taman Kota Lumintang, Lapangan Lumintang, Taman Janggan, dan Lapangan Arga Coka Sesetan.

Terkait pembatasan jam buka tempat usaha seperti di Kelurahan Panjer, Dewa Rai menyebut belum diterapkan di wilayah lainnya di Kota Denpasar. “Tempat yang lain belum ada menerapkan,” terangnya.

Panjer diketahui merupakan salah satu wilayah yang memiliki jumlah kasus Covid-19 yang tertinggi di Kota Denpasar. Menurut data Satgas Covid-19 Denpasar per 6 Januari 2022, terdapat 136 pasien Covid-19 di Kelurahan Panjer.

Jumlah ini hanya kalah dari Kelurahan Sesetan (160 kasus), Kelurahan Pedungan (142), dan Desa Pemogan (140).

“Perlu kerjasama semua pihak serta seluruh lapisan masyarakat, harus terus waspada dan disiplin prokes,” ajak Dewa Rai.

Komentar