nusabali

Kantor Pertanahan Karangasem Mulai Pendataan PTSL 2022

  • www.nusabali.com-kantor-pertanahan-karangasem-mulai-pendataan-ptsl-2022

AMLAPURA, NusaBali
Kantor Pertanahan Karangasem mulai melakukan pendataan PTSL (pendaftaran tanah sistimatis lengkap) tahun 2022.

Petugas langsung terjun ke desa-desa menyasar 44 desa. Petugas yang bekerja di lapangan dibagi tiga tim. Salah satunya, Tim II melakukan pendataan di Kantor Desa Ulakan, Banjar Belong, Desa Ulakan, Kecamatan Manggis, Karangasem, Jumat (4/2).

Tim II dikoordinasikan Sulistiorini Pelita Dewi mewilayahi Kecamatan Manggis, Kecamatan Rendang, dan Kecamatan Selat. Khusus di Desa Ulakan targetnya 240 bidang. Petugas telah berkoordinasi dengan Perbekel Desa Ulakan I Ketut Sumendra. Kepala Kantor Pertanahan Karangasem I Gede Ari Wahyudi SSiT MH didampingi Kasubag Tata Usaha Ida Ayu Made Patni Dwi Ambarawati membenarkan telah menugaskan tiga tim menyasar 44 desa. “PTSL tahun 2022, selain menuntaskan pemberkasan sisa tahun lalu, juga ada target baru di tahun 2022,” jelas Ari Wahyudi.

Target PTSL tahun 2022 naik 79,48 persen atau 18.000 bidang. Target tahun 2021 sebelumnya 8.774 bidang tak tercapai. Petugas yang menangani PTSL dibagi tiga tim yakni Tim I dikoordinasikan Made Ambara Jaya, Tim II dikoordinasikan Sulistiorini Pelita Dewi dan Tim III dikoordinasikan oleh Kiarsyah Mirza Syahputra.

Wilayah kerja Tim I meliputi Kecamatan Bebandem, Kecamatan Karangasem, dan Kecamatan Abang. Tim II di Kecamatan Manggis, Kecamatan Rendang, Kecamatan Selat, dan Tim III di Kecamatan Abang, Kecamatan Sidemen, dan Kecamatan Kubu. Sasarannya 44 desa, hanya di Kecamatan Rendang satu-satunya yang dapat program PTSL yakni Desa Rendang sebanyak 284 bidang. 

Terpisah, Perbekel Desa Ulakan I Ketut Sumendra mengatakan, pendataan PTSL tahun 2022 mulai dilakukan petugas mendatangkan pemilik lahan. “Bagi lahan warga yang tidak kelihatan di peta bidang agar mendaftar ulang,” kata Sumendra. 7 k16

Komentar