nusabali

Bupati Suwirta Paparkan Rencana Destinasi Wisata di Kemenparekraf

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-paparkan-rencana-destinasi-wisata-di-kemenparekraf

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta paparkan rencana penataan destinasi wisata Nusa Penida berkonsep one gate one destination (OGOD) di Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Jumat (4/2).

Pertemuan itu dihadiri Direktur Pengembangan Destinasi II Wawan Gunawan beserta jajaran.

Bupati Suwirta mengatakan, OGOD adalah penataan destinasi wisata terintegrasi, mulai dari penataan objek, pengelolaan dan pelayanan retribusi. Upaya ini untuk meningkatkan kenyamanan wisatawan sehingga lebih lama berkunjung di Nusa Penida. Ada 10 destinasi unggulan  akan dibuatkan perencanaan dan penataan dengan tidak menghilangkan originalitas alamiahnya. "Untuk optimalisasi layanan retribusi akan disiapkan pintu untuk masing-masing destinasi," ujar Bupati Suwirta.

Beberapa hal yang menjadi fokus diskusi di antaranya tentang perencanaan penataan yang komprehensif. Status aset tanah harus jelas sehingga peran pemerintah lebih mudah. "Mengenai pengusulan, agar dikoordinasikan misalnya melalui Kemenkomarves, dan mengundang kementerian terkait sesuai tugas fungsinya duduk bersama sehingga fokus dan ada progress," kata Bupati Suwirta.

Direktur Pengembangan Destinasi Pariwisata II Wawan Gunawan menyampaikan, usulan penataan destinasi tahun 2023 agar disiapkan dan dicermati mekanisme dan persyaratan. Untuk kegiatan fisik, Kemenparekraft membuatkan rekomendasi sementara pembangunannya dapat melalui DAK (Dana Alokasi Khusus). Pada akhir pertemuan, Direktur Wawan Gunawan menugaskan jajaranya agar hasil diskusi dapat dilaporkan kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno. 7wan

Komentar