nusabali

Pohon Tumbang Timpa Tempat Penampungan Air Bersih

BPBD Badung Catat Musibah Pohon Tumbang Terjadi di Tiga Titik

  • www.nusabali.com-pohon-tumbang-timpa-tempat-penampungan-air-bersih

MANGUPURA, NusaBali
Akibat cuaca ekstrem hujan deras disertai angin kencang yang terjadi Jumat (4/1), mengakibatkan pohon tumbang di beberapa titik.

Pohon yang tumbang berdampak di antaranya terganggunya akses jalan, terputusnya kabel telepon, hingga merusak atap penampungan air bersih.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Badung, hujan deras dan angin kencang menyebabkan pohon jenis saten tumbang di Perumahan Beranda Garden, Banjar Manesa, Keluarahan Benoa, Kecamatan Kuta Selatan pada pukul 02.00 Wita. Pohon tumbang ini menimpa atap penampungan air bersih di Perumahan Beranda Garden. “Pohon santen tumbang menimpa atap tower penampungan air bersih,” ujar Kalaksa BPBD Badung I Wayan Darma.

Adapun tingkat kejadian dikategorikan sedang dan kerugian diperkirakan mencapai Rp 10 juta. Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Badung pun segera bergerak begitu mendapat informasi tersebut. Pohon saten sepanjang 6 meter dan diameter 35 centimeter tersebut sudah dipotong.

Sementara itu, di hari yang sama, pohon perindang tumbang di Jalan Merta Sari I, Kelurahan Kuta pada pukul 09.15 Wita. Pohon tumbang akibat cuaca ekstrem hujan deras dan angin kencang, bahkan menutup badan jalan. Syukurnya tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. TRC PB BPBD Badung meluncur ke lokasi bencana melakukan pemotongan dan assesment di.

Pohon tumbang juga terjadi di Jalan Raya Pecatu, Banjar Labuan Sait, Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan pukul 09.30 Wita. Hujan dan angin kencang mengakibatkan pohon jenis plamboyan dengan diameter 45 cm tumbang menutupi akses jalan.

Sementara, Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Badung I Ketut Murdika, mengakui adanya pohon tumbang di sejumlah titik tersebut. Setelah mendapat laporan ihwal tumbangnya pohon tersebut, pihaknya langsung turun ke lokasi untuk melakukan penanganan. “Kita kerahkan tim ke lokasi untuk pemotongan. Tentunya dalam penanganan ini kami juga dibantu oleh masyarakat setempat,” kata Murdika.

Murdika pun mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada akan bencana alam yang dapat terjadi. Untuk mengantisipasi terjadinya kejadian serupa, Murdika berharap agar melakukan pemangkasan pohon yang dianggap membahayakan. “Masyarakat juga dapat melaporkan kepada aparat terkait jika merasa ada pohon yang membahayakan di sekitar wilayahnya,” tandasnya. 7 ind, dar

Komentar