nusabali

Penataan Pantai Samigita Digarap April 2022

  • www.nusabali.com-penataan-pantai-samigita-digarap-april-2022

MANGUPURA, NusaBali
Rencana penataan Pantai Seminyak, Legian, dan Kuta (Samigita), mulai disosialisaikan secara langsung kepada masyarakat. Sesuai perencanaan penataan pantai tersebut akan digarap pada April 2022. Ditargetkan penataan rampung pada Desember 2022.

Kepastian rencana penataan Pantai Samigita itu terungkap saat sosialisasi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Badung di Kantor Camat Kuta, Jalan Blambangan, Kecamatan Kuta. Hadir langsung Kadis PUPR Badung IB Surya Suamba, anggota DPRD Badung Dapil Kuta, IGN Sudiarsa dan Nyoman Graha Wicaksana, perwakilan Kejaksaan Negeri Badung, perwakilan Dinas Pariwisata Badung, perwakilan Dishub Badung, perwakilan Bagian Kerjasama Setda Badung, serta Bendesa Adat, Kelian, Lurah, Kaling, dan LPM dari tiga kelurahan (Seminyak, Legian, dan Kuta).

Kadis PUPR Badung IB Surya Suamba, mengatakan sosialisasi kali ini bagian dari persiapan pelaksanaan penataan Pantai Samigita. Informasi ini, katanya, harus tersampaikan kepada masyarakat untuk kelancaran proses penataan, sehingga saat ada pembangunan di kawasan tersebut, bisa steril dan dikondisikan oleh pengelola.

“Pada Maret 2022 nanti pemenang tender akan melakukan sosialisasi dan sinkronisasi di lapangan. Proses pengerjaan efektif dilakukan mulai April 2022 dengan target rampung bulan Desember 2022,” kata Surya Suamba.

Surya Suamba melanjutkan, proyek penataan tersebut akan menggunakan dana PEN senilai Rp 260 miliar. Mengingat dalam Detail Engineering Design (DED) dianggarkan senilai Rp 290 miliar, sehingga akan ada sejumlah penyesuaian di lapangan, baik terkait material dan ukuran bangunan. Namun hal itu tidak merubah fungsi dari rencana semula, melainkan merupakan penyesuaian kecil.

Penyesuaian tersebut seperti jenis pedagang yang berada knopdown, kondisi jalan setapak yang awalnya full andesit akan dikombinasikan dengan bahan berupa beton cetak yang menyerupai andesit. Ukuran shelter tsunami center yang semula 20 meter x 20 meter kini menjadi 15 meter x 15 meter. Nantinya, pengerjaan proyek akan dilakukan dengan sistem clean construction dan dikerjakan serentak. “Memang ada beberapa penyesuaian, setelah adanya perubahan anggaran,” kata Surya Suamba.

“Saat ini kebetulan kunjungan wisatawan lagi sepi, jadi momen ini yang kita manfaatkan untuk penataan. Ketika pariwisata kembali pulih, maka Pantai Samigita siap menyambut wisatawan dengan menunjukan wajah baru dengan daya tariknya,” tandas Surya Suamba. 7 dar

Komentar