nusabali

Ratusan Sulinggih, Pemangku, Lansia di Denpasar Ikuti Vaksinasi Booster

  • www.nusabali.com-ratusan-sulinggih-pemangku-lansia-di-denpasar-ikuti-vaksinasi-booster

DENPASAR, NusaBali
Vaksinasi dosis ketiga atau booster di Denpasar kini menyasar pemuka agama serta lansia. Pada vaksinasi booster yang digelar di Gedung Dharma Negara Alaya (DNA), Lumintang, Denpasar Utara, Kamis (3/2).

Sulinggih yang ikut di antaranya, Ida Pandita Mpu Daksa Siwa Putra Santhi Yoga bersama Ida Pandita Mpu Nabe Daksa Putra Yoga.

“Dengan ini kami berharap agar semua masyarakat bisa sehat setelah mengikuti vaksinasi ini dan pandemi ini segera berakhir,” kata Ida Pandita Mpu Daksa Siwa Putra Santhi Yoga.

Selain itu, Ida juga meminta kepada umat untuk mengikuti imbauan maupun instruksi dari pemerintah. Hal ini dilakukan agar Bali dan Indonesia bisa segera kembali seperti sebelum pandemi. “Pemkot Denpasar sudah sangat baik perhatiannya kepada sulinggih. Semoga semua lancar dan baik,” ujarnya.

Wakil Wali Kota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa yang memantau vaksinasi tersebut, mengatakan antusias masyarakat untuk mengikuti vaksinasi sangat tinggi. Rata-rata dalam sehari jumlah warga yang divaksin sebanyak 5.000 orang. Sementara untuk vaksinasi pemuka agama ini diikuti oleh 250 orang. 

“Vaksinasi booster ini memang kami gencarkan, targetnya adalah usia di atas 18 tahun. Dalam sehari rata-rata 5.000 orang ikut vaksinasi ini. Tapi ada juga yang sudah langsung vaksin mandiri ke puskesmas terdekat,” ujar Wawali Arya Wibawa.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Denpasar dr Ni Luh Putu Sri Armini menambahkan, ketersediaan vaksin booster masih cukup. Jenis vaksin yang digunakan yakni jika vaksin primer menggunakan Sinovac, maka vaksin booster menggunakan AstraZeneca (setengah dosis) atau Pfizer (setengah dosis).

Sementara jika vaksin primer menggunakan AstraZeneca maka vaksin booster pakai Moderna (setengah dosis). Dia mengatakan vaksinasi tahap ketiga atau booster ini secara teknis sama dengan vaksinasi sebelumnya. 

“Saat ini kami sudah menerima 13 ribu vaksin booster dan telah tersebar ke fasyankes,” kata Sri Armini.

Hingga saat ini, vaksinasi dosis 3 non nakes di Denpasar sudah mencapai 58.392 orang atau 11,9 persen. 7 mis

Komentar