nusabali

Bendung Rampung, Subak Tampe Dahe Belum Teraliri Air

  • www.nusabali.com-bendung-rampung-subak-tampe-dahe-belum-teraliri-air

BANGLI, NusaBali
Subak Tampe Dehe di Kelurahan Bebalang, Kecamatan Bangli belum mendapat suplai air padahal pembangunan bendung di Banjar Tegalalang, Kelurahan Kawan, Kecamatan Bangli sudah selesai dikerjakan.

Kelian Subak Tampe Dehe, I Wayan Lanus mengatakan, hampir selama empat tahun tidak dapat air pasca jaringan irigasi bebengan di Banjar Tegalalang, Kelurahan Kawan jebol. Selama empat tahun krama tani tidak menanam padi.

Wayan Lanus mengungkapkan, hancurnya jaringan irigasi di Sungai Bebengan menyebabkan Subak Pecala, Subak Uma Tai, Subak Jelekungkang, Subak Tlibeng, Subak Tampe Dehe, dan Subak Umanyar seluas ratusan hektare kekeringan. “Bendung sudah tuntas diperbaiki, tapi kami belum dapatkan air,” keluh Wayan Lanus, Selasa (1/2). Saat uji coba, bangunan tanggul di hilir bendung jebol. Imbasnya air tidak bisa masuk ke dalam terowongan serta air tidak bisa mengalir ke jaringan irigasi subak. Kerusakan telah dilaporkan ke Dinas Pekerjaan Umum. Rencananya segera melakukan perbaikan dan pembersihan. Menurut Wayan Lanus, bangunan bendung akan dipelaspas pada Sukra Manis Kulantir, Jumat (4/3) mendatang. *esa

Komentar