nusabali

Perayaan Imlek di Vihara Dharmayana Kuta Terapkan Prokes Ketat

  • www.nusabali.com-perayaan-imlek-di-vihara-dharmayana-kuta-terapkan-prokes-ketat

MANGUPURA, NusaBali
Meski masih dalam suasana pandemi Covid-19, puncak perayaan Imlek di Vihara Dharmayana Kuta berlangsung hikmat, Selasa (1/2).

Warga Tionghoa antusias melakukan persembahyangan di Vihara yang terletak di Jalan Blambangan, Kecamatan Kuta, itu dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

Ketua Pengurus Vihara Dharmayana Kuta, Adi Dharmaja Kusuma, mengatakan, persembahyangan Imlek berjalan lancar. Bahkan sebelum persembahyangan Imlek dilaksanakan upacara tolak bala di depan pintu Vihara. Rencananya upacara tolak bala ini akan digelar di beberapa tempat, namun dengan pertimbangan Covid-19, sehingga urung dilaksanakan.

“Untuk persembahyangan sebenarnya sudah dimulai sejak kemarin (Senin), yang disebut persembahyangan tutup tahun, dengan diiringi dengan tarian Barongsai dan Liong, kemudian kami juga melaksanakan persembahyangan tolak bala tapi hanya di depan Vihara saja,” kata Adi Dharmaja, Selasa (1/2).

Adi Dharmaja lebih lanjut mengatakan, dalam perayaan Imlek 2573 ini jumlah umat yang memasuki Vihara dibatasi. Pihaknya juga dibantu oleh Linmas, Satpol PP, dan aparat kepolisian, selama rangkaian perayaan Imlek tahun ini.

Berkaitan dengan Shio Macan Air, Adi Dharmaja mengatakan berdasarkan kepercayaan Tionghoa, hal itu bisa dimaknai dengan suatu kehidupan yang selalu optimis. Pihaknya melanjutkan, dalam menjalani kehidupan harus selalu semangat, bertanggung jawab dan selalu disiplin dalam melakukan aktivitas.

“Hari ini (kemarin) tahun baru Imlek 2573 (Shio Macan Air), seperti dapat dimaknai hidup ini selalu optimis. Kami harus menjalani kehidupan dengan semangat, tanggung jawab dan disiplin. Semoga berkat Imlek kita diberikan kesehatan, usaha maju, kesejahteraan dan kebahagiaan,” harap Adi Dharmaja. *dar

Komentar