nusabali

Model Sepatu Kerja untuk Pria

  • www.nusabali.com-model-sepatu-kerja-untuk-pria

JAKARTA, NusaBali.com - Bicara tentang tampilan formal pada pria, maka pemilihan sepatu pria menjadi salah satu elemen penting dalam menciptakan formal look. Tetapi sepatu kerja pria yang formal memiliki banyak jenis dan pilihan.

Sayangnya, tidak semua orang mengetahuinya. Sebagian orang hanya tahu bahwa sepatu formal untuk pria adalah sepatu Oxford. Padahal tidak demikian. Apa saja jenis-jenis sepatu untuk kerja yang biasa digunakan oleh pria? Simak penjelasannya berikut ini. 

Jenis-Jenis Sepatu Pria untuk Tampilan yang Formal 

1. Sepatu Oxford 

Jenis sepatu formal pria yang cukup populer adalah sepatu Oxford. Nama Oxford digunakan karena jenis sepatu ini pertama kali digunakan dan mulai dikenal Ketika banyak digunakan oleh mahasiswa Universitas Oxford. Disebut juga dengan nama Balmoral Shoes/Bals, sepatu safety formal yang satu ini memiliki model jahitan closed stitching serta sangat tertutup sehingga ketika digunakan akan sangat pas. Jenis sepatu yang satu ini memang sering dijadikan sebagai pilihan sepatu formal yang cocok dipadukan dengan jas atau blazer formal. 

2. Dress Boots 

Siapa bilang jika sepatu boots tidak bisa menjadi pilihan sepatu formal? Kalau anda ingin menggunakan sepatu boots untuk acara formal, maka Dress Boots adalah solusinya. Dengan bagian bawah yang menyerupai sepatu Oxford plain toe, sederhana serta polos dengan ikatan tali yang sangat tertutup, maka yang membedakan Dress boots dari sepatu Oxford adalah tinggi dari sepatu ini. Untuk tampilan formal yang maksimal, maka pilih saja Dress boots yang berwarna gelap serta pasangkan dengan kemeja dan tas terbaik yang anda miliki. 

3. Loafers 

Jika anda tidak ingin ribet dengan masalah tali sepatu, maka sepatu formal jenis Loafers adalah pilihan yang tepat. Sepatu ini mulai dikenal  sejak tahun 1926 ketika King George meminta sepasang sepatu dengan tampilan serta gaya yang jauh lebih santai untuk digunakan di sekitar rumah. Itulah mengapa tampilan sepatu loafers ini lebih tepat untuk mendampingi anda dalam acara-acara yang semi formal. Karena itu, jenis sepatu formal pria yang satu ini hadir dengan pilihan yang lebih banyak jenis dan warnanya sehingga anda bisa menyesuaikannya dengan acara yang ingin anda datangi. 

4. Monk Strap 

Apakah anda ingin tampilan bersih sepatu Oxford tetapi tidak senang dengan adanya tali? Jika iya, maka anda bisa mencoba jenis sepatu formal Monk Strap yang memiliki detail menyerupai sepatu oxford tetapi untuk bagian tali sepatu digantikan dengan strap lebar. Sama seperti sepatu Oxford, jenis sepatu formal yang satu ini sangat pas untuk acara-acara formal yang melengkapi dasi dan setelan formal yang sudah anda gunakan. 

5. Chukka Boots 

Chukka boots adalah jenis sepatu yang biasanya digunakan oleh pria untuk acara formal namun dapat juga digunakan secara casual. Sepatu ini biasanya dibuat dari kulit dan tinggi solnya sekitar 2-3 cm. Chukka boots ini memiliki model bagian tali yang terbuka dan pendek sehingga sekilas bentuknya hampir mirip dengan sepatu Derby. 

Tips Memilih Sepatu Kantor Pria yang Nyaman 

l

6. Derby 

Penampilan sepatu Derby sekilas tampak seperti sepatu Oxford. Tetapi jika diperhatikan secara lebih seksama, sepatu kerja ini memiliki jenis jahitan tali sepatu yang lebih terbuka sehingga lebih fleksibel ketika digunakan. Ini sangat cocok untuk anda yang ingin mengunjungi acara formal yang membutuhkan banyak aktivitas dan banyak gerak. Karena fleksibilitasnya, sepatu jenis ini sering menjadi pilihan untuk pria-pria yang memiliki kaki dengan ukuran yang besar. 

7. Cap Toes 

Jenis sepatu formal pria yang satu ini dapat anda gunakan ke kantor ketika menghadiri acara meeting atau acara formal yang lainnya. Cap toes memiliki tambahan lapisan pada ujung bagian depan sepatu. Hampir menyerupai model sepatu Oxford, sepatu model cap toes biasanya terbuat dari material premium seperti ini. Sepatu ini cocok untuk anda padukan dengan pakaian formal dengan blazer, tuxedo dan tailored suit. 

8. Opera Pump 

Dibandingkan dengan sepatu formal pria yang sebelumnya, jenis sepatu safety pria yang satu ini memang lebih jarang terdengar. Dengan memiliki model yang menyerupai sepatu pump Wanita, hanya saja dengan ukuran pria, sepatu ini memiliki tampilan yang sleek sehingga cocok untuk anda yang ingin tampak rapi dan formal. 

9. Moccasin Shoes 

Ini adalah model sepatu formal pria yang merupakan perpaduan antara loafer dan boat shoes. Tetapi sepatu jenis ini dinilai lebih nyaman untuk digunakan karena dibuat dengan bahan yang lebih lembut. Jika ingin menggunakan pada siang hari, anda bisa memilih sepatu dengan warna netral yang lebih terang. Sebaliknya, gunakan warna yang lebih gelap ketika malam hari. Anda cukup memasangkannya dengan celana chino, katun atau jeans agar tampak lebih stylish. 

10. Budapester Toe 

Model ujung sepatu ini termasuk yang cukup popular di Jerman serta bagian Eropa Timur. Desain budapester toe sendiri terinspirasi dari sepatu tradisional Austria atau Hungaria. Ciri khas model ini terletak pada bagian ujung sepatu yang memiliki lebih banyak ruang dibandingkan dengan yang lainnya. Kalau dilihat dari atas, sepatu ini berbentuk bulat. Namun kalau dilihat dari samping maka bagian ujung sepatu akan terlihat semakin runcing. 

Sepatu ini termasuk fleksibel untuk digunakan pada kesempatan formal atau kasual. Apalagi jika anda adalah pecinta music rock maka anda bisa menggunakan sepatu ini untuk ke konser. Banyak sekali musisi yang menggunakan sepatu ini ketika sedang manggung., 

FAQ 

Apa fungsi sepatu kerja? 
-Sepatu kerja atau safety shoes adalah salah satu Alat Pelindung Diri (APD) yang harus digunakan oleh seseorang saat bekerja untuk menghindari resiko kecelakaan. 

Apa bahan yang digunakan untuk membuat sepatu kerja? 
-Biasanya terbuat dari kulit hewan dengan alas kaki yang terbuat dari karet dengan pengaman lempengan besi. 

*)Konten ini dibuat oleh Core Freelancers, penyedia jasa pembuatan website untuk berbagai jenis bisnis.

Komentar